Gunung Inerie di Bajawa Flores

0 204

Gunung Inerie Flores

Gunung Inerie adalah salah satu gunung berapi yang ada di Pulau Flores tepatnya di Kabupaten Ngada dan di kaki bukitnya ada kampung adat yang terkenal bernama Kampung Bena. Namun spot terbaik untuk melihat puncak gunung ini di Cafe Manulalu di luar kota Bajawa. Dari sini kita akan melihat Gunung Inerie dengan sangat dekat.

Arti nama gunung Inerie itu di ambil dari kata “Ine” yang artinya ibu, dan “Rie” yang artinya cantik. Jadi Gunung Inerie adalah ibu yang cantik. Gunung ini masih aktif dan terakhir meletus tahun 1970. Gunung  yang kelihatan tidak tinggi ini dibanding gunung-gunung yang ada di Jawa terasa dekat dari Vila Manulalu. Gunung dengan ketinggian 2.245 meter pada musim kemarau sekitar bulan Juli hingga Agustus banyak didatangi pendaki yang mencoba menaklukan puncaknya.

Perlu waktu sekitar 3 sampai 4 jam untuk mendaki dan menikmati sunrise yang indah di puncak Gunung Inerie. Jadi berangkat pukul 03.00 pagi menuju puncak adalah saat yang tepat untuk melihat sunrise. Sangat dibutuhkan pemandu pendaki gunung dan bekal makanan.

Keindahan Gunung Inerie

Pemandangan lebih indah dinikmati dari puncak Gunung Inerie dari Kampung Bena dan Cafe Manulalu. Dari Kampung Bena kelihatan, gunung ini tetap nampak gagah dengan bagian lereng yang sedikit gundul. Dari Kampung Bena sudah kelihatan perbukitan yang berlapis-lapis karena kontur tanahnya yang tidak rata. Di puncaknya terlihat hutan yang cukup lebat. Sedangkan lereng gunung ini dimanfaatkan penduduk lokal untuk berkebun sayur-sayuran.

Mendaki Gunung Inerie bukan perkara mudah, trek dari gunung kebanggaan masyarakat Ngada ini didominasi oleh kerikil dan bebatuan cadas hingga ke puncak. Hal ini membuat jalanan yang dilewati menjadi licin dan sukar dipijak. Tak jarang para pendaki harus merangkak agar bisa terus mendaki. Sedikitnya vegetasi pepohonan yang tumbuh di gunung ini akan menambah tantangan jika pendakian dilakukan dikala siang hari, karna sinar matahari yang terik tak kan segan untuk menambah beban pendakian.

Pemandangan dari Cafe Manulalu yang terbaik adalah di waktu matahari terbit atau sunrise. Sejauh mata memandang kelihatan atap rumah Kampung Bena, laut, dan pegunungan di tepi gunung berapi yang mengeluarkan bau asap belerang. Gunung Inerie memiliki mistis bentuk puncak gunungnya bagi yang melihat ada yang  kelihatan seperti piramida. Tetapi ada pula yang melihat puncaknya seperti segitiga. Semua tergantung dari sisi mana melihatnya. Dari Kecamatan Aimere beberapa orang melihat puncak Gunung Inerie seperti piramida puncaknya. Sering tertutup awan puncaknya di bulan Desember ini. Dalam perjalanan mobil dari Bajawa ke Ruteng di awal perjalanan akan dilihat puncak Gunung Inerie yang terasa sedikit gersang di musim kemarau ini.

Source Gunung Inerie di Bajawa Flores Mengandung Mistis
Comments
Loading...