Gunung Ile Lewotolok

0 19

Gunung Ile Lewotolok

Gunung Ile Lewotolok merupakan sebuah gunung berapi aktif. Namun gunung yang memiliki ketinggian 1450 meter diatas permukaan laut itu memiliki panorama alam yang indah dan memikat hati. Panorama alam lereng gunung Ile Lewotolok merupakan sebuah obyek menarik bagi wisatawan yang melakukan kegiatan pendakian (hiking).

Tak ada perkampungan sepanjangan perjalanan menuju puncak. Karena warga Kecamatan Ile Ape dan Kecamatan Ile Ape Timur, seluruhnya berada di kaki gunung, dan bermukim di sepanjang pesisir pantai. Perkampungan lama di lereng gunung hanya tersisa barang-barang pusaka, antik dan mistis, sebagai tempat dilakukannya ritual pesta kacang.

Orang yang berkunjung ke Lembata pasti akan terpesona oleh keindahan gunung Ile Lewotolok, gunung berapi di semenanjung kecil, tepatnya di samping Teluk Lewoleba. Lokasinya cukup fotogenik karena langsung terlihat saat merapat ke Lembata dengan kapal laut ataupun dengan pesawat terbang.

Gunung Ile Lewotolok merupakan landmarknya Lembata. Itu sebabnya dari sini kita bisa menyaksikan full sunrise. Terdapat pula punggung gunung yang sangat cocok untuk berkemah. Lokasinya berada di dekat kawah dengan areal pasir putih yang membentang.

Dari lokasi berkemah, pemandangan matahari terbenam menjadi sangat menakjubkan, karena jauh di bawahnya terlihat serangkaian teluk-teluk menebar pesona yang memikat hati. Selain itu, juga akan terlihat keindahan-keindahan gunung Ile Boleng, gunung yang terletak di Pulau Adonara, posisinya menghadap ke Pulau Lembata yang hanya dipisahkan oleh selat sempit.

Dalam pendakian, akan dijumpai kaldera seluas hampir 1 km2 yang sudah ada sejak sekira tahun 1889 dan akan membuat kita terpana dengan pasir kalderanya yang berwarna putih. Semakin indah karena batok gunung memiliki retakan-retakan belerang berwarna kuning cerah.

Di lereng bagian timur, terbentang panorama Teluk Jontona, seolah danau luas dengan sebuah pulau kecil di tengahnya. Tidak heran jika gunung Ile Lewotolok menarik banyak wisatawan manca negara untuk mendakinya dan melihat langsung keindahannya. Tidak sedikit pula fotografer yang menjadikan puncak Ile Lewotolok sebagai obyek pemotretan.

Source http://www.sergap.id http://www.sergap.id/cerita-kecil-si-putri-mendaki-gunung-ile-lewotolok/
Comments
Loading...