Gunung Hitam di Bengkulu

0 10

Gunung Hitam

Gunung Hitam disebut juga Bukit Hitam adalah gunung yang terletak di perbatasan 3 kabupaten yaitu, Kabupaten Seluma dan Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu, serta Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan. Dari Kota Pagaralam gunung ini berada di sebelah barat – barat daya dengan jarak sekitar 30 km. Mendakilah sedikit saja Gunung Hitam ini, maka dari ketinggian kita bisa menikmati keindahan air berwarna biru tosca dalam kubangan batu putih bersemu hijau hingga kekuningan.

 

Gunung yang menghitam merupakan sisa belerang yang sudah mengalami oksidasi, dahulu juga mengalir air panas yang mengandung kapur dan belerang, namun karena endapan semakin tinggi maka aliran berpindah ke arah yang lain, disamping itu dibarengi juga dengan munculnya sumber air panas di lokasi berbeda. Gunung Hitam letaknya tak jauh dari pemandingan air panas Tirta Sanita, namun Gunung Hitam ini memiliki bentuk dan suasana yang jauh lebih alami menurut saya.

Dengan hanya membayar 5000 rupiah kita bisa berendam sepuasnya disini. Rasakan sensasi berendam air belerang bak Infinity pool di hotel berbintang lima dengan memandang lembah Parung yang cukup indah. Konon Air panas bukit kapur yang mengandung garam, belerang, dan kapur ini juga dipercaya memiliki khasiat untuk kesehatan kulit, pegal-pegal dan rematik hingga bisa menjadi alternatif wisata anda ke Bogor.

Fasilitas dan Akomodasi di Gunung Hitam 

Untuk fasilitas dan secara resmi masih belum tersedia di kawasan Gunung Hitam. Namun jika anda membutuhkan angkutan atau rumah untuk menginap anda bisa menyewanya dari warga sekitar di kaki Gunung Hitam. Ada warung dan toko di sekitar rumah warga setempat yang menyediakan kebutuhan makanan dan minuman. Namun belum tersedia toko peralatan pendakian atau barang yang mendukung untuk aktifitas hiking. Sebelum melakukan perjalanan wisata atau pendakian ke gunung ini anda sebaiknya mempersiapkan perbekalan dan peralatan yang akan anda butuhkan selama masa pendakian di rumah atau di kota besar yang bisa menyuplai kebutuhan anda. Agar anda bisa nyaman melakukan perjalanan liburan di Gunung Hitam.

Tips Pendakian ke Gunung Hitam 

1. Rencanakan perjalanan anda dan lebih baik bertanya kepada petugas atau warga sekitar
2. Persiapkan Fisik dan mental untuk lamanya pendakian yang akan ditempuh
3. Pelajari setiap medan dan rute yang akan ditempuh agar tidak terjadi kesalahan
4. Pempersiapkan perlengkapan yang efektif dan berdaya guna besar
5. Mengatur manajeman logistik dan bahan makanan yang mencukupi
6. Memperoleh izin dan melapor pada pos pendakian yang tersedia
7. Membawa baju hangat dan kupluk, karena pada saat malam suhu akan menurun
8. Tidak merusak alam dan menjaga lingkungan sebaik-baiknya

Source http://epictio.com http://epictio.com/tempat/gunung-hitam/
Comments
Loading...