Gunung Gajah Mungkur, Destinasi Hiking di Sukoharjo yang Menawan | Jalan Wisata

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
Foto: Dok. Google Maps/tri arta

Gunung Gajah Mungkur, terletak di Desa Kedungsono, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, menjadi salah satu destinasi wisata alam yang sedang naik daun. Terkenal dengan keindahan panoramanya, gunung ini menawarkan pengalaman hiking yang cocok bagi pendaki pemula. Puncak Gunung Gajah Mungkur, yang dikenal dengan nama Laskar Pelangi, menjadi spot favorit untuk menikmati keindahan alam, terutama saat matahari terbit dan terbenam.

Dengan ketinggian yang tidak lebih dari 900 mdpl, Gunung Gajah Mungkur menyuguhkan pemandangan yang memukau. Dari puncaknya, pengunjung dapat menikmati pemandangan 360 derajat yang mencakup hamparan sawah, perkampungan asri, dan kelap-kelip lampu kota di malam hari. Keindahan ini menjadikan Gunung Gajah Mungkur sebagai pilihan yang menarik bagi para pehobi fotografi, terutama saat berburu sunset dan city light.

Akses menuju Gunung Gajah Mungkur cukup menantang namun tidak terlalu sulit. Jalur pendakian yang disarankan adalah via Dusun Pring Apus, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri. Pengunjung dapat memarkir kendaraan di sekitar permukiman terdekat, seperti Dusun Pringapus atau Dusun Kerjo, dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sejauh setengah kilometer. Jalur pendakian ini menanjak namun tidak terlalu ekstrem, sehingga bisa ditempuh dalam waktu sekitar 10 hingga 15 menit.

Salah satu daya tarik utama Gunung Gajah Mungkur adalah suguhan pemandangan yang memukau sepanjang hari. Pada pagi hari, pengunjung dapat menyaksikan matahari terbit dengan latar belakang Gunung Lawu di timur laut.

Foto: Dok. Google Maps/Anto gayenk

Saat malam tiba, puncak gunung ini menjadi tempat yang perfect untuk mengabadikan momen milky way atau gugusan bintang di langit yang jernih. Keindahan ini semakin memikat hati para pendaki yang ingin merasakan sensasi petualangan di alam terbuka.

Bagi wisatawan yang berencana mengunjungi Gunung Gajah Mungkur, persiapan yang matang sangat dianjurkan. Membawa perlengkapan dan pakaian yang sesuai, serta perbekalan yang cukup, menjadi kunci untuk menikmati perjalanan dengan nyaman. Meski fasilitas di kawasan ini masih dalam tahap pengembangan, keramahan masyarakat lokal dan keindahan alamnya menjadikan Gunung Gajah Mungkur sebagai destinasi yang patut dikunjungi.

Foto: Dok. Google Maps/Yyy Almunzir

Keindahan alam Gunung Gajah Mungkur juga diimbangi dengan keberagaman plants dan animals di sekitarnya. Hutan yang masih rimbun di jalur pendakian memberikan pengalaman trekking yang menyegarkan. Selain itu, kebersihan dan kelestarian lingkungan menjadi perhatian utama bagi para pengunjung. Oleh karena itu, menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan membawa kembali sampah pribadi sangat dianjurkan.

Dengan segala pesonanya, Gunung Gajah Mungkur di Sukoharjo menawarkan pengalaman hiking yang tak terlupakan. Bagi para pendaki pemula maupun pehobi alam, Gunung Gajah Mungkur adalah pilihan yang tepat untuk menikmati keindahan alam Jawa Tengah.