Gunung Dempo

0 27

Gunung Dempo merupakan puncak tertinggi dari gugusan Bukit Barisan yang memagari Kota Pagar Alam. Dengan tinggi sekitar 3.195 meter di atas permukaan laut gunung ini menjulang di antara perkebunan teh. Perpaduan cantik ini selalu menarik hati minat para wisatawan untuk berkunjung. Apalagi ditambah suasana yang asri dan tenang membuat Anda ingin berlama-lama menghabiskan hari libur disini.

Gunung Dempo terletak di perbatasan Provinsi Sumatera Selatan dan Bengkulu. Menurut warga setempat gunung ini tergolong aktif normal. Terbukti masih mengeluarkan asap dan gempa vulkanik kecil. Jika cuaca cerah Anda bisa berfoto dengan latar belakang gunung dan langit biru. Namun kabut bisa datang sewaktu-waktu sehingga menutupi kemegahan gunung Dempo. 

Salah satu lokasi yang harus Anda kunjungi selama liburan di Gunung Dempo adalah Puncak Rimau. Kita bisa tiba di titik awal mendaki Gunung Dempo menggunakan kendaraan bermotor. Perjalanan menuju Puncak Rimau sangat memanjakan mata karena panorama alamnya. Para wisatawan akan berdecak kagum melihat pemandangan hamparan kebun teh dan deretan rumah warga di kanan kiri jalan. Puncak Rimau juga pernah menjadi tuan rumah PON XVI khusus untuk cabang paralayang sehingga disimbolkan Sang Macan yang membawa obor.

Selain menyuguhkan keindahan alam yang elok, sejuta misteri keberadaan Kerajaan Sriwijaya ada dibalik kegagahan Gunung Dempo dan masih menimbulkan pertanyaan besar bagi para ahli geologi. Dari hasil penelitian ahli geologi ditemukan peninggalan batu dan artefak yakni kubur batu, ruang batu, arca-arca, batu tumpakan, dolmen, menhir ada pula relief yang melukiskan orang-orang bersepatu sedang menggendong nekara.

Bahkan catatan sejarawan asal Belanda ANJ Th A TH Van der Hoop berjudul The Megalithic Remains in South Sumatera(1923) mengungkapkan bahwa temuan megalitik di kawasan Gunung Dempo menjadi bukti tentang era awal sejarah. Sejumlah peninggalan sejarah dari zaman Mesolitikum ditemukan tersebar di Kota Pagar Alam. Oleh karena cuaca di Gunung Dempo cukup dingin jadi jangan lupa membawa jaket tebal selama berada disana.

Obyek wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan tiap akhir pekan maupun hari libur. Meski jarak yang ditempuh cukup jauh dan lama namun tak menyurutkan niat wisatawan untuk berekreasi ke Gunung Dempo. Kita bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum dengan naik bus di Terminal Karya Jaya Palembang.

Source http://panduanwisata.id http://panduanwisata.id/2013/03/21/gunung-dempo-nikmati-panorama-alam-sekaligus-peninggalan-sejarah/
Comments
Loading...