Gunung Daik, Ekspedisi Puncak Tiga Cabang Kepulauan Riau

0 38

Gunung Daik

Gunung Daik merupakan salah satu tempat wisata alam yang terdapat di kecamatan Lingga. Gunung ini dapat Anda kunjungi sebagai objek wisata alam selain pantai dan air terjun. Tempat wisata yang satu ini memiliki pesona yang tidak kalah indah dengan tempat-tepat wisata yang lainnya. Gunung daik merupakan salah satu gunung yang terdapat di Kepulauan Riau yang terkenal dengan gunung tiga cabang. Masyarakat sudah mengenal gunung daik sebagai objek wisata pendakian yang memiliki daya tarik tersendiri. Gunung ini merupakan gunung tertinggi yang terdapat di Kepulauan Riau dengan ketinggian 1165 mdpl.

Pesona Gunung Daik

Gunung Daik memiliki pesona keindahan yang cukup banyak menarik minat para pendaki. Meskipun jalurnya yang terkenal terjal dan berliku, namun hal ini akan terbayarkan dengan keindahan alam di sekitar gunung yang masih sangat hijau dan asri. Sebelum memulai pendakian, Anda akan disambut dengan gapura bertuliskan Obyek Wisata Pendakian Gunung Daik.

Sepanjang jalur pendakian, Anda akan disuguhkan dengan suasana hutan yang masih alami. Di kaki gunung, terdapat sungai-sungai yang memiliki air sangat jernih. Air dari sungai ini menjadi sumber penghidupan bagi masyarakat Lingga. Pendakian membutuhkan waktu semalam. Sesampainya di puncak gunung, Anda akan disuguhkan dengan pesona keindahan kota Lingga dan sekitarnya. Selain itu, jika Anda berada bermalam di gunung ini, Anda juga dapat menyaksikan indahnya sunrishe di pagi hari.

Sejarah Gunung Daik

Gunung Daik memiliki legenda yang cukup dipercaya oleh masyarakat sekitar gunung. Pada zaman dahulu kala gunung ini dihuni oleh makhluk halus yang disebut dengan bunian. Waktu itu, bunian sangat akrab dengan manusia, bahkan tak jarang manusia yang meminjam alat-alat perkakas atau bahkan perabot bunian saat manusia memiliki acara hajatan. Namun suatu ketika, terdapat seseorang yang tidak mengembalikan perabot yang telah dipinjamnya dari bunian tersebut sehingga membuat bunian murka. Hal ini telah menjadi mitos gunung Daik yang dipercaya oleh masyarakat setempat.

Fasilitas di Gunung Daik

Seperti halnya gunung-gunung yang lain, di Gunung Daik ini memang tidak tersedia fasilitas seperti warung makan atau fasilitas lainnya. Disana hanya terdapat pos penjagaan yang berguna untuk pelaporan bagi wisatawan sebelum melakukan pendakian. Namun di kota Lingga banyak fasilitas yang tersedia seperti toko, warung-warung makan, kamar mandi, hotel, penginapan dan fasilitas lain yang dapat mendukung perjalanan Anda sebelum maupun sesudah melakukan pendakian.

Daya Tarik di Gunung Daik

Hunting foto merupakan momen yang tidak bisa dilewatkan bagi para wisatawan, tak terkecuali para pendaki gunung daik ini. Anda dapat berfoto di depan gapura pintu masuk jalur pendakian sebagai pembukaan. Selanjutnya, Anda dapat berfoto selama masa pendakian bersama keindahan alam yang masih alami. Sesampainya di puncak, Anda dapat berfoto dengan keindahan kabupaten Lingga yang terlihat dari atas puncak. Selain itu, Anda juga dapat berfoto saat matahari terbit, yang pastinya akan menghasilkan jepretan yang memuaskan.

Tips berwisata ke Gunung Daik

Gunung Daik merupakan wisata pendakian yang membutuhkan banyak persiapan. Oleh sebab itu ada beberapa tips sebelum melakukan pendakian, persiapkan perlengkapan yang dibutuhkan untuk mendaki seperti logistik,baju hangat, korek dan senter untuk penerangan, sepatu gunung, perlengkapan camping bagi yang berniat untuk menginap, serta perlengkapan pendakian lainnya.

Anda juga perlu menyiapkan fisik agar tetap kuat mendaki gunung hingga puncak. Karena jalur pendakian cukup sulit, sehingga fisik yang sehat perlu disiapkan sebelum memulai pendakian. Jangan lupa membawa kantong plastic untuk tempat menampung sampah saat berada di gunung, karena sebaiknya Anda tetap menjaga kebersihan dan kelestarian gunung.

Akses Menuju Gunung Daik

Untuk mencapai lokasi wisata gunung Daik ini, Anda dapat memulai perjalanan dari Tanjung pinang menuju pelabuhan Pancur kabupaten Lingga dengan menggunakan speed boat. Sesampainya di Lingga, Anda dapat menuju kawasan lokasi wisata dengan menggunakan ojek atau kendaraan pribadi yang sudah Anda sewa.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Gunung Daik

Pendakian di Gunung Daik ini tidak dibatasi waktu, sehingga Anda dapat mendaki kapan saja. Sampai saat ini pendaki tidak dipungut biaya saat akan memasuki jalur pendakian, namun bagi Anda yang memerlukan pemandu wisata, Anda perlu membayar biaya sebesar Rp. 200.000,- Wisata Gunung Daik merupakan wisata yang patut dikunjungi saat Anda berada di Kepulauan Riau, terlebih bagi Anda yang menyukai wisata alam atau bahkan menyukai pendakian. Gunung Daik menjadi alternatif pilihan jalur pendakian yang patut Anda coba karena memiliki jalur pendakian yang cukup menantang adrenalin.

Source https://www.tempat.me https://www.tempat.me/wisata/Gunung-Daik
Comments
Loading...