Gunung Bulu Nepo, Pare Pare Sulawesi Selatan

0 135

Gunung Bulu Nepo

Bulu Nepo adalah sebuah gunun yang terletak di segi tiga emas Parepare, Sidrap dan Barru. Merupakan gunung tertinggi di wilayah tersebut. dari infomasih yang saya temukan tingginya cuma berkisar 1.000 Mdpl.

Tuk mencapai puncak Nepo ada beberapa titik akses, di sini saya memilih Bacukiki, skitar 7 KM dari jantung kota Pare-Pare kampong halaman. Menurut info yg saya dapat dari beberapa pendaki, perjalanan ditempuh skitar 6 jam di sepanjang perjalanan kita disuguhkan pemandangan2 alam yang luar biasa indah. Banyak menyimpan kisah2 tentang sejarah2 perjuangan. Melewati sebuah gunung yang dianggap bertuah oleh penganut animisme tertentu. .

Konon Gunung ini berpasangan dengan Gunung Bambapuang yg ada di Enrekang. Melihat dari struktur gunung memang agak mirip namun puncak Nepo adalah padang rumput, smentara Bambapuang batu cadas, di jaman Belanda ada sebuah tugu di puncak Nepo namun sayang itu sudah di bongkar orang2 yang beranggapan tugu berisi emas.

 Kembali keperjalanan puncak Nepo. Diperjalanan kita terkadang berpapasan dengan para pembawa air aren olahan warga setempat. perjalanan di bagi dengan 4 Pos, ada yang mengatakan 5 dari perjalananku kemarin tanggal 15 Juli 2012 saya tidak temukan  tanda Pos-pos.

Di pelataran Bulu Nepo ada sebuah aliran air yang bernama wae sibokorengge’ (air yang mengalir bertolak arah). Di kaki gunung ada pula air terjun tapi tidak terlalu besar, sebagian orang menganggap airnya sakral dan di juluki wae baranie (air pemberani). tidak jauh dari pelataran Nepo ada sebuah kubangan yang cukup dalam sampai sekarang belum ada yang tau kedalamannya.

Dan terdapat sebuah meriam pada masa penjajahan dan tempat ibadah penganut ajaran Animisme  ini cuma sedikit cerita dari warga setempat. Di puncak Nepo kita bisa melihat kota Parepare,Sidrap dan Pinrang serta Sengkang, bentangan alam yang luar biasa akan dapat di nikmati serta Danau tempe yang terlihat utuh  dari kejauhan

Source http://fadlyjafarcaica.blogspot.com http://fadlyjafarcaica.blogspot.com/2014/07/bulu-nepo-pare-pere.html
Comments
Loading...