Gunung Bukit Raya Kalimantan

0 113

Gunung Bukit Raya

Gunung Bukit Raya dengan ketinggian 2278 mdpl merupakan gunung yang tertinggi di Pulau Kalimantan yang termasuk salah satu bagian dari 7 puncak gunung tertinggi di 7 pulau/kepulauan besar di Indonesia (The Seven Summits Of Indonesia). Gunung ini termasuk bagian dari kawasan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya yang wilayahnya meliputi Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Kawasan ini didominasi oleh puncak-puncak pegunungan Schwaner, dimana keberadaaan pegunungan tersebut merupakan perwakilan dari tipe ekosistem hutan hujan tropika pegunungan dengan kelembaban relatif tinggi.

Gunung Bukit Raya terkenal memiliki daya tarik yang luar biasa dengan kawasan hutan hujan tropisnya yang masih alami dan asri, karena itu gunung ini dikenal juga sebagai jantungnya pulau Kalimantan atau“Heart Of Borneo”. Mendaki di Gunung Bukit Raya kita akan disuguhi pemandangan alam hutan tropis yang luar biasa, alami belum banyak terjamah oleh manusia,disini mulai dari kawasan hutan dataran rendah dan hutan pegunungan dataran tinggi lengkap tersajikan dalam pendakian Bukit Raya. Dalam pendakian Bukit Raya kita juga akan melewati beberapa sungai-sungai besar di Kalimantan yang akan membuat suasana menjadi semakin menarik dan menimbulkan kesegaran selama melakukan pendakian.

Mendaki gunung bukit raya via jalur tumbang habangoi, kita dapat melintasi satu puncak gunung lagi sebelum puncak bukit raya, yaitu puncak kait bulan, kedua puncak ini diibaratkan layaknya Raja dan Ratu, untuk mencapai kedua puncak ini tentunya dengan jalur yang lebih panjang dan sulit tetapi akan sebanding dengan suasana petualangan dan pemandangan alam yang kita dapatkan, Kita akan melintasi sungai-sungai besar, menyusuri punggungan, naik turun bukit, menuruni tebing, selama pendakian jika cuaca cerah kita akan disuguhi pemandangan alam hutan Kalimantan yang luar biasa dan bisa menikmati sunrise dan sunset saat di puncak bukit.

Setelah dari desa Tumbang Manggu perjalanan sekitar 3 jam lagi untuk tiba di desa terakhir Tumbang Habangoi. Di desa Tumbang Habangoi, sebaiknya kita menginap 1 malam untuk persiapan terakhir sebelum pendakian. Salah satu persiapan yang harus kita lakukan untuk melakukan pendakian bukit raya adalah melakukan upacara adat. Masyarakat di desa Tumbang habangoi mayoritas menganut agama kepercayaan Hindu Kaharingan, untuk itu disini masih kental dengan pelaksanaan ritual-ritual adat.

Untuk pelaksanaan ritual adat kita akan dibantu oleh seorang Pisur (Rohaniawan) yang akan memandu jalannya ritual adat, biasanya upacara dilakukan di desa dan beberapa titik pendakian, untuk itu saat pendakian nanti akan didampingi oleh pisur untuk memandu pendakian dibantu dengan porter dari masyarakat Tumbang Habangoi. Dari Desa Tumbang Habangoi untuk menuju titik awal pendakian, kita masih harus menggunakan kendaran mobil sekitar 1 jam perjalanan sampai di batas akhir kendaraan bisa melewati jalannya.

Source http://rahman-mukhlis.blogspot.com http://rahman-mukhlis.blogspot.com/2015/10/menelusuri-sisi-lain-pesona-bukit-raya.html
Comments
Loading...