Objek Wisata Gunung Batur Bali

0 235

Objek Wisata Gunung Batur Bali

Gunung Batur merupakan salah satu gunung yang masih aktif di Pulau Bali. Walaupun Gunung Batur masih aktif, sampai artikel ini di buat Gunung Batur masih dalam keadaan aman-aman saja, bahkan hampir setiap hari gunung ini menjadi objek hiking para pendaki yang ingin menginjakkan kaki di puncaknya.

Gambar terkait

Gunung Batur ini memiliki ketinggian 1717 meter dari permukaan air laut. Bahkan anak-anak umur 10 tahun bisa dengan mudahnya mendaki gunung ini, asalkan dengan pengawasan orang dewasa. Pada hari libur nasional gunung ini menjadi incaran para pelancong, baik wisatawan nusantara maupun mancanegara. Pada tanggal 17 Agustus 2015 bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, pendaki ke Gunung Batur mencapai puluhan ribu orang, mereka merayakan HUT kemerdekaan RI dengan mengibarkan Bendera Merah Putih di puncak Gunung Batur.

Hasil gambar untuk wisata gunung batur

Letak Gunung Batur Dari Bandara

Gunung Batur berada di Desa Batur, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Dari objek wisata penelokan hanya berjarak 10,9 km, dari objek wisata penglipuran hanya berjarak 27,6 km, dari objek wisata Besakih hanya berjarak 28,7 km, dan dari Kota Bangli hanya berjarak 30,6 km.

Gambar terkait

Sejarah Gunung Batur

Gunung Batur merupakan gunung tertinggi kedua di Bali  ketinggian 1717 mdpl. Termasuk kedalam salah satu gunung api yang aktif, letusan pertama Gunung Batur terjadi pada tahun 1804 dan terakhir pada tahun 2000. Pura Ulun Danau Batur dan Desa Batur terkena dampak akan letusan hebat Gunung Batur pada tahun 1926. Sampai saat ini Gunung Batur tercatat telah meletus sebanyak 26 kali.

Pesona Objek Wisata Gunung Batur

Gunung Batur Kintamani Bali merupakan salah satu gunung berapi aktif. Status tersebut tidak mengurungkan niat para pendaki gunung untuk mengunjungi tempat wisata ini.

Gambar terkait

Pesiapan Pendakian Gunung Batur

Pastikan konsidi kita dalam keadaan fit, karena kita akan memerlukan tenaga yang ekstra selama mendaki Gunung Batur. Adapun hal-hal penting yang perlu dipersiapkan sebelum mendaki Gunung Batur yakni sebagai berikut :

  1. Jaket, Topi Kupluk, Syal, dan Slop Tangan=> sudah di pastikan suhu udara di sekitar Gunung Batur sangat rendah. Jadi persiapkan jaket yang nyaman dan tentunya mampu membuat anda merasa kehangatan.
  2. Sepatu dan Kaos kaki=>Gunung Batur merupakan kawasan yang penuh dengan batu padas (hampir mirip dengan batu karang) yang tajam, gunakan sepatu yang cocok untuk outdor. Akan lebih baik dilengkapi dengan kaos kaki biar kaki lebih terasa hangat.
  3. Senter atau Penerangan=> ini merupakan barang yang sangat penting yang harus anda bawa jika ingin mendaki dalam suasana gelap.
  4. Jas hujan=> pada pendakian pertama Tim Long Trip Mania kehujanan sebelum mencapai Pura Pasar Agung Gunung Batur, karena tidak membawa jas hujan terpaksa tim harus beristirahat di gubuk milik warga untuk menunggu hujan reda.
  5. P3Katau Obat-Obatan => mendaki gunung batur memerlukan tenaga yang ekstra sehinga terkadang kaki kita akan terasa keram karena suhu udara di sana sangat dingin, maka bawalah obat gosok untuk kaki keram. Selain itu bisa juga membawa minyak hangat, obat merah, perban, dan lain-lain yang diperlukan.
  6. Makanan dan minuman=> di pastikan selama mendaki kita akan kehausan, jadi bawalah air minum secukupnya. Walaupun di tiap pos terdapat warung-warung yang menjual makanan dan minuman seperti mie instant, air mineral, teh, kopi dan jus. Akan tetapi harganya sangat mahal (bisa mencapai 10 kali lipat dari harga sebenarnya). Lebih baik membawa dari rumah atau membelinya di warung di sekitar pos HP2GB dengan harga yang lebih murah dan tentunya lebih menghemat pengeluaran anda. Bawalah telur mentah khusus bagi yang ingin merebus telur di puncak gunung dengan memanfaatkan uap panas yang dihasilkan oleh Gunung Batur.
  7. Tongkat=> ini akan membantu Anda selama melakukan pendakian, bisa menggunakan bambu, kayu atau besi yang penting kuat untuk menopang tubuh Anda jika suatu saat diperlukan. Selain sebagai alat untuk mengurangi beban tubuh kita, dapat juga digunakan sebagai tempat untuk mengikatkan bendera.

Gambar terkait

Jalur Pendakian Gunung Batur

Jalur Pendakian Gunung Batur dimulai melalui post Himpunan Pramuwisata Pendakian Gunung Batur (HP2GB). Setiap pendaki gunung Batur sangat dianjurkan untuk memakai pemandu walaupun medan pendakian Gunung Batur tidak begitu sulit seperti Gunung Agung. Biaya mendaki Gunung Batur pun relatif murah, setiap orang dikenakan 75.000 dan akan mendapatkan pemandu. Biasanya pemandu akan membawa 2 sampai 5 pendaki. Waktu yang tepat untuk mendaki Gunung Batur yaitu pada jam 04.00 WITA agar pendaki dapat tiba di puncak Gunung sebelum sunrise.

Gambar terkait

Akses Menuju Gunung Batur

Gunung Batur terletak di Desa Batur, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Akses menuju Gunung Batur dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua. Apabila Anda datang dari Bandara Ngurah Rai untuk sampai ke Gunung Batur dapat melalui Jalan Nusantara. Perjalanan memakan waktu kurang lebih 2,5 jam. Sebelum mendaki Gunung Batur ada baiknya untuk memperhatikan kondisi fisik, mental dan mempersiapkan perlengkapan.  Bagi Anda yang berencana berlibur ke Bali, agar lebih hemat dapat menggunakan promo tiket pesawat tujuan Bandara Ngurah Rai Denpasar dari masing-masing maskapai maupun agen perjalanan terpercaya seperti Airpaz.com. Anda tinggal memilih jenis maskapai sesuai dengan kenyamanan Anda seperti Garuda Indonesia, Batik Air, AirAsia, Lion Air, Sriwijaya Air, Citilink dan lain-lain.

Source gunung batur bali
Comments
Loading...