Gunung Bagus Paliyan : Padang Rumput Gunungkidul

0 75

Gunung Bagus Paliyan

Bukit-bukit di Sumba atau New Zealand yang hijau, jangan diragukan lagi soal keindahannya. Mereka hadir seperti obat yang menjauhkan kita dari penat. Untuk Teman Traveler yang tinggal di sekitar Jogja, terutama Gunungkidul, sekarang nggak perlu jauh-jauh ke Sumba apalagi luar negeri untuk dapat menikmati hijaunya perbukitan. Belakangan, di media sosial viral Gunung Bagus Paliyan di Gunungkidul yang tampilannya takkalah hijau dengan New Zealand.

   

Viral Mirip dengan Bukit-bukit di Sumba

Disebut-sebut mirip dengan bukit-bukit yang ada di Sumba atau New Zealand, nyatanya Gunung Bagus Paliyan memang demikian. Sejauh mata memandang yang tertangkap oleh mata hanyalah warna-warna hijau yang menyegarkan.

Kawasan ini berbukit-bukit, bahkan jika dilihat dari atas ia menampilkan sebuah pola yang cantik. Takheran jika ia tengah viral di media sosial! Teman Traveler harus coba berkunjung ke tempat hits ini ya!

Berada di Area Hutan Rakyat

Lokasi yang tengah viral di media sosial ini sebenarnya merupakan sebuah area yang ada di Hutan Rakyat di kawasan Gunung Bagus, Desa Giring, Kecamatan Paliyan, Gunungkidul. Kawasan hutan rakyat ini kemudian berubah menjadi seperti tampilannya yang sekarang. Sebelumnya, area ini merupakan hutan Pohon Jati yang rindang.

Semula Hutan Jati, Kini Ditanami Jagung

Beberapa waktu lalu, hutan rakyat di kawasan Gunung Bagus ini ditanami oleh banyak Pohon Jati. Namun hutan jati tersebut dibabat untuk diganti dengan jati varietas unggul. Sembari menunggu Pohon Jati tersebut tumbuh, masyarakat memanfaatkan lahan tersebut untuk menanam jagung. Dari proses pembabatan inilah diketahui bahwa kawasan seluas 82 hektar ini berbentuk bukit-bukit. Kini, tanaman jagung yang ditanam warga sudah setinggi dada orang dewasa dan banyak dijadikan sebagai spot berfoto.

Diizinkan Foto Asal Tidak Merusak Tanaman

Gunung Bagus Paliyan di Gunungkidul seketika langsung menarik banyak orang untuk datang dan berfoto. Namun, karena merupakan lahan pertanian milik masyarakat dan dikelola oleh petani, jangan sampai kedatangan Teman Traveler justru merusak tanaman yang sudah ada ya. Para petani tidak keberatan dengan kedatangan banyak pengunjung, tetapi harus tetap menjaga ladang yang dikelola oleh petani atau pemerintah.

Source https://travelingyuk.com https://travelingyuk.com/gunung-bagus-paliyan/156557/
Comments
Loading...