Warning: unlink(/tmp/d444b0c5dce3bde2702f8c5694eb514d-7YpMq5.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Gunung Argapura Wisata Gunung Berapi di Jawa Timur

0 124

Gunung Argapura

Gunung Argapura merupakan salah satu wisata gunung berapi kompleks yang terdapat di Jatim, Indonesia. Gunung Argapura memiliki ketinggian setinggi 3.088 meter. Gunung Argapura adalah second gunung berapi yang sekarang telah tak aktif lagi. Gunung ini termasuk juga sektor dari Pegunungan Iyang, maka kompleks ini tidak jarang dinamakan Iyang-Argapura. Kompleks Iyang-Argapura yakni kompleks gunung berapi raksasa yang mendominasi bentang alam antara Gunung Raung & Gunung Lemongan di jatim, Indonesia. Di kompleks ini terdapat untaian lembah sedalam 1.000 m.

Gunung Argapura yaitu puncak teratas dari Pegunungan Iyang pula berada terhadap posisi di antara Gunung Semeru & Gunung Raung. Ada sekian banyak puncak yang dipunyai oleh gunung ini. Puncak yang ternama bernama Puncak Rengganis / Welirang (topografichen Dienst 1928). Sedangkan puncak tertingginya berada terhadap jarak ± 200 m di arah selatan puncak Rengganis. Puncak teratas ini bernama Argapoera & ditandai bersama satu buah tugu ketinggian (triangulasi).

Gunung Argapura memiliki kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, & Hutan Ericaceous atau hutan gunung. Gunung ini berada dalam wilayah Kab Probolinggo, Kab Lumajang, Kab Jember, Kab Bondowoso, & Kab Situbondo, dgn puncak Rengganis ada di wilayah Kab Jember. Di kawasan Puncak Rengganis konon menurut narasi penduduk lebih kurang bermukim Dewi Rengganis, adik dari Nyi Roro Kidul.

Fasilitas Gunung Argapura

Untuk fasilitas secara resmi masih belum tersedia di kawasan Gunung Argapura (Argopuro). Namun jika anda membutuhkan angkutan atau rumah untuk menginap anda bisa menyewanya dari warga sekitar di kaki Gunung Argapura (Argopuro). Ada warung dan toko di sekitar rumah warga setempat yang menyediakan kebutuhan makanan dan minuman. Namun belum tersedia toko peralatan pendakian atau barang yang mendukung untuk aktifitas hiking. Sebelum melakukan perjalanan wisata atau pendakian ke gunung ini anda sebaiknya mempersiapkan perbekalan dan peralatan yang akan anda butuhkan selama masa pendakian di rumah atau di kota besar yang bisa menyuplai kebutuhan anda. Agar anda bisa nyaman melakukan perjalanan liburan di Gunung Argapura (Argopuro).

Akses Menuju Gunung Argapura

Bertolak pos lapor baderan jam 08.30, hingga mata air(pos I) jam 14.45 : keseluruhan terjadi 6 jam 15 menit. Bertolak dari pos I mata air jam 10.00, hingga cikasur (pos II) jam 16.00 : keseluruhan terjadi 6 jam. Bertolak dari cikasur jam 10.00, hingga di cisentor (pos III) jam 12.45 : keseluruhan berlangsung 2 jam 45 menit. Bertolak dari cisentor jam 13.30, hingga rawa embik (pos IV) jam 15.45 : keseluruhan terjadi 2 jam 15 menit. Bertolak dari rawa embik jam 04.00 hingga puncak rengganis 05.30 : keseluruhan berlangsung 1 jam 30 menit ( tidak dengan cariel,cuma bawa air & sedikit cemilan). Bertolak dari puncak rengganis jam 07.00, hingga di puncak paling atas argopuro jam 08.00 : keseluruhan berlangsung 1 jam. Puncak argopuro turun ke rawa embik keseluruhan lebih kurang 45 menit.

Source http://epictio.com http://epictio.com/tempat/gunung-argapura-argopuro/
Comments
Loading...