Gunung Allakuang di Sulsel

0 77

Gunung Allakuang

Keberadaan Gunung Allakuang yang terletak di Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan (Sulsel) nyaris lenyap ditelan bumi. Ini akibat eksploitasi habis-habisan oleh sekelompok pemilik modal yang melakukan pertambangan di gunung tersebut.

Tokoh masyarakat Sidrap, Aris Asnawi mengatakan, eksploitasi Gunung Allakuang secara besar-besaran murni kesalahan pemerintah. Ada pembiaran sejak puluhan tahun. Kini, kondisi Gunung Allakuang sudah memprihatinkan.”Mungkin tidak cukup 10 tahun, ikon Allakuang itu akan rata dengan tanah. Jadi, eksploitasi ini sudah harus disetop. Pemda jangan lagi tutup mata. Tambang-tambang ini ilegal,” tuturnya.

 

Pantauan di lokasi, gunung utama masih ditambang warga dengan cara tradisional. Peralatannya sederhana. Bermodal linggis, tali-temali, mereka memecah bongkahan batu.

Sementara gunung batu yang lain, posisinya sedikit lebih rendah sehingga tak terlihat dari jalan poros Sidrap-Soppeng. Namun di kaki gunungnya, bunyi mesin breaker tak berhenti menghantam gunung, menambang batu. Dari informasi salah satu pekerja tambang, bongkahan batu gunung dijual kadang Rp 200 ribu per truk. Keuntungannya dibagi dua. Pemilik modal mendapat Rp 140 ribu, sedangkan pekerja mendapat upah Rp 60

Source https://www.indopos.co.id https://www.indopos.co.id/index.php/read/2018/07/08/143594/gawat-gunung-allakuang-di-sulsel-nyaris-lenyap
Comments
Loading...