Gua Tompangnge, Guanya Kelelawar di Kota Parepare

0 85

Gua Tompangnge

Gua Tompangnge merupakan tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi di Parepare. Gua ini biasa juga disebut dengan gua kelelawar karena gua ini banyak dihuni ribuan kelelawar. Ketika Anda di mulut gua, Anda akan menyaksikan ribuan kelelawar yang hidup di Gua Tompangnge dan jalan masuknya pun berlumpur, kotor, dan bau.

  

Selain Gua Tompangnge, di kawasan ini juga ada air terjun yang sangat indah, hanya berjarak 500 meter dari gua. Aliran airnya yang mengalir dari untaian akar-akaran yang menggantung dari pucak bukit yang berada di sebelah Gua Tompangnge.

Goa Tompangnge memiliki luas sekitar 100 hektar dan fungsinya sebagai tempat konservasi hutan. Gua ini memiliki potensi untuk dikembangkan yang sebelumnya harus dilakukan survey dan penelitian terlebih dahulu. Dalam mengeksplorasi gua setidaknya perlu pemetaan gua untuk mengukur panjang gua, mulut gua, potensi air dan potensi peninggalan budayanya.

Gua ini memiliki kandungan fosfat yang tinggi dan guano kelelawar yang dihasilkan dapat dimanfaatkan masyarakat sebagai pupuk yang alami. Karena jumlah kelelawar di gua tersebut sangat banyak, guano yang dihasilkannya pun juga akan banyak.

Hal ini merupakan suatu potensi yang luar biasa, namun yang perlu diketahui dan diperhatikan adalah pengelolaan yang harus tepat sehingga tidak mengganggu keberdaan kelelawar dan kelestarian gua. Di Gua ini juga terdapat batu lappa (batu datar) yang biasanya dipergunakan untuk tempat ibadah.

Bagi Anda yang menyukai adrenalin, mungkin Anda dapat mencoba masuk ke dalam gua ini. Anda dapat menjumpai ribuan kelelawar di tempat ini dan tentu saja tujuan wisata Anda ini  akan terasa sangat unik.

Source https://www.bernas.id https://www.bernas.id/10056-gua-tompangnge-guanya-kelelawar-di-parepare.html
Comments
Loading...