Gua Romo Bengkayang, Wisata Kalimantan Barat Yang Masih Alami

0 64

Gua Romo Bengkayang

Gua Romo merupakan objek wisata Kalimantan barat yang berada di Kabupaten Bengkayang. Objek wisata Alam Gua Romo dengan usia sudah mencapai ribuan tahun ini banyak sekali memiliki cerita sejarah, jika dilihat maupun mendengar cerita masyarakat setempat. Kawsan objek wisata gua ini masih alami. Bila pertama kali melihat Gua Romo ini akan terkesan tidak terawat, bisa di lihat dinding gua dihiasi akar-akar pepohon yang tumbuh diatas gua. 

Meskipun belum terlalu terkenal tempat wisata Bengkayang ini sebetulnya memiliki daya tarik tersendiri. Jika sedang berkunjung ke Gua Romo anda akan melihat pemandangan menarik seperti adanya sumber mata air di dalam Gua berbentuk seperti kolam. Biasa kolam alami yang ada di dalam gua ini dimanfaatkan pengunjung untuk mandi menyegarkan badan, karena memang airnya sangat dingin. Selain mata air juga terdapat kehidupan ribuan kelelawar dan burung walet sebagai fauna endemik di gua ini.

Apabila melangkah lebih dalam menuju dalam gua, anda akan dihadapkan dengan Mulut goa yang terendam air dan tampak tidak ada lorong. Namun sebetulnya jika anda memberanikan diri untuk masuk melalu air tersebut maka anda akan menemukan ruangan gua yang besar. Ruangan gua ini tidak nampak jika dilihat dari luar tanpa menyeberangi air yang ada di pintu masuk gua tersebut.

Air dalam gua juga merupakan suber kehidupan bagi pepohonan disekitarnya tumbuh subur. Dengan berjalannya waktu menyebabkan akar pohon membentuk relief dan pola yang menakjubkan. Kondisi ini juga menyebabkan goa dan sekitar menjadi rindang karena adanya pepohonan yang tumbuh subur disekitar goa. Sehingga berada di sekitar gua akan merasa nyaman dengan udara yang segar.

Aktivitas yang bisa dilakukan di lokasi Gua Romo selain menikmati pemandangan indah yang disuguhkan, anda juga bisa mandi menikmati dinginnya kolam air yang terdapat di dalam goa tersebut. Dinginnya air ini akan dapat menghilangkan kepenatan semasa dalam perjalanan.

Sejarah Gua Romo

Menurut cerita dari masyarakat Goa Romo ini dulunya merupakan salah satu tempat tinggal masyarakat dayak pada jaman dahulu. Ini terjadi sebelum adanya peradaban manusia dengan rumah seperti yang ada saat ini. Pintu/Bibir gua  sendiri terdiri dari bebatuan dan tampak cukup bersih, beberapa bagian dindingnya ditumbuhi lumut hijau menambah cantiknya goa tersebut. Pada hari-hari tertentu banyak wisatawan mengunjungi goa Romo ini, karena penasaran untuk menyaksikan adanya Goa ini secara langsung.

Lokasi Gua Romo

Lokasi Goa Romo terletak di Kecamatan Sanggau Ledo, desa Romo di dusun sejajah Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat. Akses untuk menuju lokasi objek wisata alam Goa Romo, jika ditempuh dari kota Bengkayang memerlukan waktu sekitar 1-1,5 jam menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih 45 km perjalanan sampi ke simpang AURI dan masuk ke arah Desa Romo yang tidak jauh dari tempat Wisata Air Terjun Jugan Bengkayang kalbar. Jika di lihat lokasinya, Goa Romo sebetulnya letaknya tidak terlalu jauh dari jalan raya yang menuju desa romo.

Jaraknya hanya sekitar 400 meter untuk menuju lokasin Gua, namun akses ke lokasi goa tersebut masih jalan tanah dan belum terbangun dengan baik. Apa lagi wisata ini belum terekspost ke masyarakat luas, sehimgga tempat wisata ini tidak begitu terkenal.

Tips Berwisata ke Goa Romo

  • Bila anda ingin berkunjung ke tempat wisata goa romo di Bengkayang ini dan ingin berlama-lama menikmati keindahannya supaya membawa bekal makanan. Karena di sekitar goa tidak terdapat warung atau tempat yang menjual makanan.
  • Agar goa romo tetap terjaga sebagai obyek wisata alam indah dan asri. Setiap pengunjung supaya tetap menjaga kebersihan di sekitar goa.
  • Jangan pergi di goa ini sendirian, lebih baik rombongan selain lebih seru juga menghindari hal-hal yang tidak di inginkan.
Source https://www.traveluxion.web.id https://www.traveluxion.web.id/gua-romo-bengkayang-wisata-kalimantan-barat/
Comments
Loading...