Gua Ngalau Aia Ilang: Destinasi Wisata Sejarah di Kota Padang Pariaman

0 9

Gua Ngalau Aia Ilang

Gua Ngalau Aia Ilang ini berada di Desa Sikayan, Kec. Lubuk Aluang, Kab. Padang Pariaman, tersimpan potensi fenomena alam lainnya. Masyarakat sering menyebutnya Gua Kambiang, karena gua tersebut baunya menyengat seperti bau kotoran kambing. Sebenarnya bau menyengat tersebut berasal dari kotoran kelelawar yang hinggap di atap gua. Nama gua ini adalah Gua Ngalau Aie Ilang dalam bahasa Indonesianya Gua Ngalau Air Hilang.

Untuk sampai kelokasi dibutuhkan waktu lebih kurang 2 jam perjalanan kaki, kita akan melewati hutan dengan medan yang menanjak. Beberapa tempat pemberhentian sudah ada gubuk-gubuk kecil yang dibuat oleh para petani karet. Sangat mudah menemukan gua ini, kira-kira jarak 2-3 km kita sudah mencium bau aroma busuk menyengat nah ikuti saja bau tersebut, karena itu akan mengantarkan kita ke mulut gua.

Didalam gua ada banyak lubang, Gua pertama ada dua lubang, lubang yang pertama tempat lorong bawah tanah, untuk mencapai ke dasar gua tersebut diperlukan tali, lubang kedua adalah tempat sarang kelelawar di atas atap gua sangat banyak kelelawar. Gua kedua terletak diluar, disini banyak stalaknit, ada stalaknit utama, yang ukurannya sangat besar, Gua ini ukurannya lebih besar dari gua yang pertama. Ornament bebatuan gua sangat indah dan alami, jangan lewatkan wisata anda ke Sumatera Barat sbelum mengunjungi gua ini.

Source http://lubuk-aluang.blogspot.com http://lubuk-aluang.blogspot.com/2013/05/gua-ngalau-aia-ilang.html
Comments
Loading...