Gua Kallo Dewata

0 100

Gua Kallo Dewata

Gua Kallo Dewata terletak di Desa Lebang, Kecamatan Wara Utara. Di zaman penjajahan, gua ini dijadikan sebagai benteng pertahanan para pejuang kemerdekaan dari serangan para tentara Jepang dan Koloni Belanda. Letaknya di Kelurahan Battang Kecamatan Wara Barat kilometer 12 arah Palopo-Toraja atau jaraknya sekitar 9 Km dari pusat kota palopo. Di dalamnya terdapat sebuah lubang dengan kedalaman sekitar 30 meter.

Meski minim stalaktit dan stalakmit gua ini menyimpan pesona wisata yang cukup menarik untuk ditelusuri. Gua ini adalah gua tertua yang diyakini sebagai tempat peristirahatan para dewa. Di mana di dalam liang gua terdapat tiga ruangan bersegi empat. Selain itu, juga ada keris yang terbuat dari batu, serta perabot kuno berupa guci benda kuno lainnya.

Menempuh berjalanan menanjak dan berkelok di lintas transSulawesi Palopo-Tanatoraja, dibutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk mencapai lorong Gua Kallo Dewata yang menyimpang keunikan yang luar biasa itu. Bayangkan saja, lorong di gua ini dapat terhubung dengan beberapa gua lain yang ada di Kota Palopo, walaupun jaraknya terbilang sangat jauh.

Seperti salah satu gua yang ada di Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu. Gua Kallo Dewata, selama ini dijadikan tempat bersarang kelelawar. Potensi ini dimanfaatkan masyarakat setempat dengan mengumpulkan kotoran kelelawar untuk dijual sebagai pupuk tanam.

Source http://www.belopatour.co.id http://www.belopatour.co.id/destinasi-wisata-yang-populer-di-palopo/
Comments
Loading...