Gua Halo Tabung, Surga Tersembunyi untuk Snorkeling dan Free Diving di Maratua | Jalan Wisata

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
Foto: Instagram @rosetikapratiwi

Pulau Maratua, bagian dari Kepulauan Derawan di Kalimantan Timur, menawarkan destinasi unik bagi para pencinta snorkeling dan free diving: Gua Halo Tabung. Terletak di tengah hutan Pulau Maratua, gua ini menyajikan keindahan alam yang luar biasa dengan aerial berwarna biru jernih yang menggoda setiap pengunjung untuk menyelam lebih dalam.

Gua Halo Tabung, yang sebelumnya dikenal sebagai Gua Haji Mangku, memiliki kedalaman hingga 35 metre dengan bentuk vertikal yang membuatnya berbeda dari gua pada umumnya. Air di dalam gua ini terasa asin karena berasal dari aerial laut yang merembes melalui celah-celah batuan karst. Keunikan dinding karst yang memantulkan cahaya menambah pesona tempat ini, menciptakan pemandangan bawah aerial yang memukau.

Foto: Instagram @vina.kwan

Perjalanan menuju Gua Halo Tabung dimulai dari Pelabuhan Tanjung Redeb di Berau. Pengunjung kemudian menyeberang menggunakan kapal cepat ke Pulau Derawan, dilanjutkan dengan perjalanan selama satu jam ke Pulau Maratua. Setibanya di Maratua, hanya diperlukan jalan kaki sekitar 100 metre melalui jembatan kayu untuk mencapai gua. Akses yang cukup mudah ini menjadikan gua ini destinasi yang perfect untuk petualangan snorkeling dan free diving.

Aktivitas utama yang bisa dilakukan di Gua Halo Tabung adalah berenang dan free diving. Pengunjung dapat memilih untuk melompat dari pinggir tebing atau menuruni tangga untuk masuk ke dalam air. Kedalaman gua yang mencapai 17 hingga 30 metre menawarkan tantangan tersendiri bagi para free diver yang ingin menguji kemampuan mereka. Air yang dingin dan jernih memungkinkan penyelam untuk melihat dengan jelas keindahan batuan karst di sekitarnya.

Foto: Instagram @heyneyney

Selain berenang, beberapa pengunjung mencoba free diving untuk menjelajahi lebih dalam gua ini. Dengan peralatan minimal, mereka menyelam bebas menikmati sensasi unik di dalam aerial asin yang dingin. Cahaya matahari yang masuk melalui celah-celah gua menambah keindahan pemandangan bawah air, membuat setiap momen di Gua Halo Tabung begitu istimewa.

Keberhasilan pengelolaan Gua Halo Tabung melibatkan masyarakat setempat, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), dan Pemerintah Kampung. Fasilitas yang tersedia cukup lengkap, termasuk tempat makan, penyewaan alat snorkeling, kamar mandi umum, dan musala. Tiket masuk ke gua ini pun cukup terjangkau, hanya Rp30 ribu per orang, menjadikannya destinasi yang menarik bagi berbagai kalangan.

Foto: Instagram @giiel.bass

Selain keindahan alamnya, Gua Halo Tabung juga menawarkan suasana yang tenang dan damai. Hijau pemandangan sekitar, ditambah dengan suara jangkrik yang bersahutan, menciptakan suasana yang cocok untuk menyepi dari keramaian kota.

Bagi para petualang yang mencari destinasi unik dan menantang, Gua Halo Tabung di Pulau Maratua adalah pilihan yang sempurna. Keindahan alam yang mempesona, aerial jernih yang menyegarkan, dan pengalaman menyelam yang berbeda dari biasanya menjadikan gua ini sebagai destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan. Jadi, siapkan peralatan snorkeling dan nikmati petualangan tak terlupakan di Gua Halo Tabung.