Gua Beloyot Jadi Warisan Nasional

0 69

Memiliki peninggalan sejarah berupa tapak tangan manusia purba, yang berada di bentangan kawasan karst Sangkulirang-Mangkalihat. Peninggalan ini pun telah didorong ke United Nation Education Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Bukan karena potensi peninggalan budayanya saja. Apabila dijadikan warisan dunia, karst Sangkulirang-Mangkalihat memiliki peran penting bagi kehidupan manusia. Terutama sumber daya air yang berasal dari karst dan hutan di sekitarnya.

 

Pemetaan gua yang bernama Beloyot di Kampung Merabu, Kecamatan Kelay pun sudah dilakukan. Hal ini dilakukan untuk menjaga kawasan karst tetap aman. Sehingga, kelestarian lokasi yang bernilai sejarah tinggi itu tetap terjaga. Dengan kondisi awal dapat dipertahankan.

Menurut anggota Komisi II Elita Herlina, keberadaan barisan bukit kapur tersebut sudah diteliti dan keberadaannya sangat penting bagi masyarakat. Sebab, karst Sangkulirang-Mangkalihat merupakan hulu lima sungai utama di Berau dan Kutai Timur. Yaitu Sungai Tabalar, Sungai Lesan, Sungai Pesab, Sungai Bengalon dan Sungai Karangan.

Source http://berau.prokal.co http://berau.prokal.co/read/news/46268-gua-beloyot-jadi-warisan-nasional.html
Comments
Loading...