Gua Balo Jaha : Eksotis dan Misterius

0 70

Gua Balo Jaha

Gua Balo Jaha merupakan salah satu destinasi wisata sejarah yang berada di Desa Kahu – Kahu, Kecamatan Bontoharu, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Gua ini dianggap misterius karena penemuan mayat yang diduga berasal dari Pulau Jawa, sehingga kemudian menjadi cikal bakal nama Balo Jaha pada gua berkarakter semi vertikal tersebut.

Balo dalam bahasa Selayar berarti lubang, dan jaha berarti Jawa. Selain unsur misterius dari Gua Balo Jaha, eksotisme dari tempat ini tak terbantahkan, dimana pengunjung kerap memanfaatkan air yang ada didalam gua untuk berenang dan menikmati panorama stalakmit disekitarnya.

   

Didalam gua sendiri, terdapat kawanan kelelawar yang membuat aroma khas hewan kalong tersebut, menyeruak ketika Anda sudah menginjakkan kaki didasar gua. Harap berhati-hati karena biasanya batu kapur terkenal licin.

Untuk mencapai Gua Balo Jaha, pengunjung harus berjalan beratus – ratus meter dari perkampungan yang ada di Pulau Pasi, Kepulauan Selayar. Adapun Pulau Pasi bisa ditempuh dengan menggunakan kapal kayu dari kota Benteng, dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Anda bisa menggunakan jasa guide untuk mengunjungi  Gua Balo Jaha, termasuk meminta petunjuk terkait penyewaan perahu dan segala macam keperluan lain.

Source http://ayokeselayar.com http://ayokeselayar.com/gua-balo-jaha-eksotis-dan-misterius
Comments
Loading...