Gosong Beras Basah, Destinasi Wisata Baru di Kotawaringin Barat

0 87

Desa Teluk Bogam yang terletak di pesisir Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah memiliki tempat wisata baru yang indah. Namanya Gosong Baras Basah, sebuah hamparan pasir putih sepanjang 3 kilometer yang berada di tengah Pantai Teluk Bogam.

Keberadaan Gosong Baras Basah dinilai mampu mendongkrak perekonomian 443 Kepala Keluarga (KK) atau 1.500 jiwa warga Desa Teluk Bogam. Di hari libur atau hari besar keagamaan, ratusan bahkan ribuan wisatawan datang mengunjungi Desa Teluk Bogam untuk menikmati keindahan panorama dan sunset di pantai tersebut.

Kepala Desa Teluk Bogam, Syahrian menerangkan, Desa Teluk Bogam mulai dikunjungi wisatawan sejak 1991. Tak kurang dari 400-500 wisatawan berkunjung ke pantai ketika hari libur atau Minggu. Pengunjung membeludak pada libur Lebaran dan Tahun Baru.”Alhamdulillah keberadaan objek wisata di desa kami sangat membantu perekonomian masyarakat.

Membeludaknya kunjungan wisatawan memberikan pendapatan cukup besar bagi masyarakat. Ada yang berjualan makanan dan minuman, menjual hasil tangkapan laut seperti ikan, udang, kepiting, rajungan, dan ikan asin,” kata Syahrian. Ia berharap, Pemkab Kotawaringin Barat meningkatkan sarana dan prasarana penunjang pariwisata di Desa Teluk Bogam. Seperti arena bermain anak-anak dan pondok-pondok untuk kuliner atau suvenir.

“Kami sangat berterima kasih kepada Bupati Kotawaringin Barat Nurhidayah karena di masa kepemimpinannya infrastruktur desa benar-benar sudah bagus dan mulus, sehingga mendongkrak kunjungan wisata. Selain itu bupati pun sangat memperhatikan kehidupan masyarakat nelayan. Kami berharap ada juga peningkatan sarana dan prasarana di areal wisata pantai Desa Teluk Bogam,” ujarnya.

Saat ini, kata Syahrian, desanya mulai dilirik wisatawan mancanegara setelah mereka mengunjungi Taman Nasional Tanjung Puting. Selain ingin menikmati sunset, para turis juga tertarik dengan pengembangan madu kelulut. Mereka bisa menikmati madu kelulut langsung dari sarangnya. “Madu kelulut dipercaya sangat baik untuk stamina, khususnya untuk pria,” katanya.

Menurut Syahrian, untuk mencapai ke Gosong Baras Basah sangat mudah. Dari Pantai Teluk Bogam wisatawan cukup naik kelotok kurang lebih 20 menit. Mereka akan melihat hamparan gosong di tengah laut yang selalu dihinggapi burung camar.Sementara itu, Bupati Kotawaringin Barat Nurhidayah mengatakan, program prioritas sektor pariwisata di kawasan pesisir adalah pengembangan kawasan yang mengintegrasikan antara sektor perikanan dan pariwisata.

Desa Teluk Bogam masuk kawasan yang telah terintegrasi antara sektor perikanan dan parisiwata. Kami akan terus tingkatkan semua fasilitasi pariwisata pesisir, karena sektor pariwisata sangat menjanjikan dan salah satu percepatan dalam mendongkrak perekonomian masyarakat, khususnya nelayan,” ujar Bupati.Dalam pengembangannya, lanjut Bupati, di kawasan pesisir juga akan dijadikan sentra-sentra home industri yang berkaitan dengan hasil tangkapan nelayan.

Source https://daerah.sindonews.com https://daerah.sindonews.com/read/1362749/174/gosong-beras-basah-destinasi-wisata-baru-di-kotawaringin-barat-1544769955
Comments
Loading...