Goa Lawa Purbalingga

0 134

Goa Lawa

Goa Lawa merupakan salah satu tempat wisata Goa yang ada di Purbalingga. Gua ini memiliki ribuan penghuni kelelawar di dalamnya. Lawa merupakan bahasa indonesianya berarti Kelelawar. Selain di Trenggalek yang terkenal akan Goa Lowo ini di Purbalingga juga ada.

Meskipun berbeda dengan Goa pada umumnya karena pembentukannya dari pendinginan lava. Gua yang tidak memiliki stalakmit dan stalaktit ini memiliki panjang + 1 KM. Dan tak heran juga kalau disekitar lokasi tercium bau tidak sedap dari kotoran kelelawa. Bukan hanya itu saja, di Goa Lawa ini ternyata ada 16 Gua lainnya seperti : Gola Angin, Goa Pos, Goa Lawang Kereta, Goa Dada Lawa, Goa Batu Semar, Goa Batu Keris, Goa Rahayu, Goa Naga, Goa Langgar, Goa Danau, Goa Lorong Panembahan dan lain sebagainya.

Lokasi Goa Lawa Purbalingga

Goa Lawa terletak di Desa Siwarak Kecamatan Karangreja Kabupaten Purbalingga. Kalau dari Kota Purbalingga, jaraknya sekitar 25 km ke arah utara, atau kurang lebih perjalanan selama 45 menit s.d. 1 jam. Sebagai penanda, di Pertigaan Koramil Karangreja, ada sebuah tugu pintu masuk menuju Goa Lawa Purbalingga. Lewati tugu ini dan ikuti jalannya sesuai dengan petunjuk arah. Atau kalau bingung bisa tanya pada warga setempat, dan kalau mau lebih modern bisa tanya sama Google Maps.

Akses Goa Lawa Purbalingga

Untuk menuju gua lawa sangat mudah, kalau kalian dari arah Pemalang atau Tegal tinggal ikuti saja jalan menuju purbalingga sampai ketemu kecamatan karangreja yang lokasinya tidak jauh dari perbatasan Pemalang, dan tidak jauh dari situ ada pertigaan dengan patung kelelawar yang besar dan ambil kanan tidak jauh dari situ, dan sebaliknya kalau kamu datang dari arah Purbalingga atau Purwokerto tinggal mengikuti saja jalur menuju Pemalang.

Harga Tiket Masuk Goa Lawa Purbalingga

Sebelum masuk ke Goa Lawa, anda harus membeli tiket masuk di tempat penjualan tiket, yang ada di Gerbang Masuk kompleks Goa Lawa. Setelah itu parkirlah di tempat yang telah disediakan.

Adapun harga tiket masuk Gua Lawa Purbalingga sebagai berikut:
  • Hari Biasa : Rp 6.000,-
  • Hari Libur : Rp 7.500,-
  • Parkir Biasa : Rp 1.000,-
  • Parkir Libur : Rp 1.500

Dari tempat parkir kendaraan menuju lokasi Goa Lawa, pengunjung harus jalan kaki menanjak sedikit. Tidak jauh kok jalan kakinya, cuma beberapa ratus meter saja.

Source wisata purbalingga
Comments
Loading...