Warning: unlink(/tmp/d444b0c5dce3bde2702f8c5694eb514d-fMt1sy.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Goa Sagea : Destinasi Wisata Goa di Halmahera Tengah

0 10

Goa Sagea

Goa Sagea ini merupakan salah satu destinasi wisata goa yang memiliki pintu masuk selebar 20 meter persegi dan panjang sekitar 30 km ini berlokasi 5km dari Sagea, Kecamatan Weda, Kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara.

Di dalam Goa, dipenuhi berbagai warna stalaktit yang unik dan suhu udaranya mencapai nol derajat karena tertutupnya goa dan tidak adanya cahaya yang dapat menyinari bagian dalam goa. Di luar Goa Sagea, wisatawan dapat melihat pemandangan yang indah serta dapat mengunjungi sungai yang disebut Kali Sagea.

Goa Sagea dapat dicapai melalui desa yang berada 3km arat Selatan ibukota kecamatan, melalui pesisir pantai dengan speedboat. Kemudian, setelah bertemu sungai, perahu dapat diarahkan memasuki hulu sungai untuk mencapai mulut goa untuk memulai penyusuran goa ini.

Akses Menuju ke Goa Sagea

Goa Sagea dapat ditempuh dari Camp ke perkampungan Sagea dengan menempuh perjalanan sekitar 30 menit, dan dilanjutkan dengan “ketingting (perahu kecil). Sampai diperkampungan perjalanan dilanjutkan melalui sungai.

Waktu perjalanan melalui sungai yang paling tepat adalah pagi hari, karena permukaan sungai masih tinggi. Kedalaman sungai tidak merata, yang berbahaya jika baling baling perahu kandas kena batu, maka bisa celaka (kemalaman di hutan perawan). Semakin dalam menyusuri sungai, semakin lebat hutannya dan masih murni (tidak ada yang merambah).

Lebar sungai juga makin menyempit dan kedalaman tidak merata dan lebih dangkal dibandingkan dengan hilir sungai. Sekitar satu jam anda akan sampai pada mulut goa sagea. Jika anda ingin berkunjung ke Goa Sagea, lebih baik anda menggunakan jasa tourist guide, agar anda tidak kebingungan mencari Goa Sagea.

Source https://wisatanasional.net https://wisatanasional.net/wisata-nasional-goa-sagea/
Comments
Loading...