Warning: unlink(/tmp/2c41a2e70aaf7033aad33b10ebc33752-iI60Xl.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Goa Ngalau Indah, Keindahan Alam yang Terbentuk Alami di Sumatera Barat

0 144

Goa Ngalau Indah

Ngalau Indah adalah nama sebuah gua yang berada di lereng perbukitan yang terdapat di Kota Payakumbuh. Lokasi Ngalau Indah sendiri terletak di kota Payakumbuh, Provinsi Sumatera Barat. Objek wisata alam ini menggabungkan keindahan panorama kota dengan suasana wisata alam yang menyenangkan.

Ngalau Indah terletak sekitar 4 km dari pusat Kota Payakumbuh atau 31 km dari Bukittinggi. Objek ini merupakan sebuah gua alam dengan beberapa mulut gua sebagai akses masuk dan keluar. Di dalam gua besar ini kita dapat melihat keindahan stalagtit dan stalagmit yang masih terjaga dengan baik. Menyusuri area dalam goa (perut goa), goa ini memiliki ruang dalam yang lumayan luas. Stalakmit dan stalaktit  mencuat tersebar dibeberapa sudut goa, dengan beraneka macam bentuk yang indah dan eksotis.

Terdapat pula beberapa jembatan buatan yang menarik untuk dijadikan spot untuk berfoto2. Dinding2 goa dengan tekstur berongga-rongga juga tak mau kalah unjuk pamer keindahan. Tidak ketinggalan pula hewan epidemis goa yaitu kelelawar menampakan diri dengan bergelantungan di atap2 goa. Selain kalelawar, terdapat burung walet yang bersarang diantara celah-celah langit-langit yang menjulang dengan tinggi sekitar 10 meter.

Di dalam gua dengan ketinggian 640 mdpl ini juga terdapat sejumlah bagian dari gua yang memiliki bentuk unik dan sangat khas. Salah satu diantaranya adalah batu gong. Batu gong adalah sebuah batu berlubang dengan bentuk seperti kerucut berongga atau menyerupai lonceng. Letaknya tepat berada di sisi kiri dari pintu masuk gua. Bentuknya yang unik, membuat batu ini menghasilkan pantulan suara yang cukup nyaring.

Ada pula dua buah batu yang terletak berdampingan secara vertikal dengan bentuk menyerupai gajah dan jamur. Selain itu, ada pula yang memiliki bentuk kelambu, payung, dan manusia. Ada juga sebuah batu berukuran besar berbentuk lonjong seperti sebuah telur raksasa terlihat pada posisi berdiri di dekat mulut goa.

Dinding-dinding tinggi yang terbentuk dari lelehan batu kapur yang berlangsung selama ratusan tahun menciptakan bentuk-bentuk yang artistik di dalam gua. Di terangi lampu senter, terdapat dinding batuan kapur mengandung kuarsa yang berkeredep biru keunguan ketika terkena bias sinar. Trek perjalanan menyusuri jalan setapak dari pintu masuk gua hingga pintu keluar gua berjarak sekitar 80 meter. Jalur setapak tersebut tidak mendatar tetapi berupa jalur menurun dan menanjak dengan banyak anak tangga.

Agar para wistawan dapat menikmati pemandangan Ngalau dengan lebih leluasa, pemerintah setempat membangun beberapa sarana pendukungnya, seperti lampu penerangan, jalan penghubung dan anak tangga, area parkir yang luas, taman-taman bermain yang bersih dan luas, warung makan dan jajanan, dan bagi penyuka olahraga renang, disini terdapat fasilitas kolam renang yang dapat digunakan. Fasilitas tersebut membuat kawasan Goa Ngalau Indah ini menjadi tujuan wisata favorit bagi masyarakat kota Payakumbuh dan sekitarnya.

Keistimewaan Goa Ngalau Indah adalah dari atas perbukitaan di sekitar Ngalau, Anda dapat melihat panorama kota Payakumbuh yang terhampar di depan mata. Perpaduan tata bangunan perkotaan, hijaunya pepohonan dan hamparan sawah yang begitu luas. Tiket masuk Goa sebesar berkisar antara Rp. 5000 – Rp. 10.000,- /orang. Perjalanan menuju tempat wisata ini hanya membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam dari pusat kota Padang. Selama perjalanan,anda akan disuguhi pemandangan alam di sisi-sisi jalan dan jurang yang cukup dalam.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/sumatera-barat/goa-ngalau-indah-keindahan-alam-yang-terbentuk-alami-di-sumatera-barat.html
Comments
Loading...