Goa Maria Bukit Kelam

0 115

Goa Maria Bukit Kelam

Kalimantan Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia dengan ibu kota Provinsi Pontianak. Kalimantan Barat ialah salah satu daerah yang sering dijuluki sebagai provinsi “Seribu Sungai” karena disana terdapat ratusan sungai besar dan kecil yang sering dilalui nelayan saat berlayar. Tetapi tahukah bahwa di Kalimantan Barat inilah terdapat banyak tempat – tempat peziarahan khatolik salah satunya ialah Goa Maria Bukit Kelam. Goa Maria Bukit Kelam berada di kompleks Wisata Rohani Bukit Kelam.

Dilihat dari namanya, banyak orang memiliki konotasi negatif tentang kata “kelam” yang jelas memiliki arti gelap atau hitam. Mengapa diberi nama Goa Maria Bukit Kelam? Karena di bukit tersebut ada batu – batu berwarna gelap hitam sehingga tempat itu diberi nama Bukit Kelam. Keberadaan tempat wisata ziarah rohani Bukit Kelam ini memang mendapat banyak dukungan dari berbagai pihak dan pemerintah. Hal itu menyebabkan kawasan wisata bukit kelam ini terus melakukan perbaikan jalan dan akses lain demi tercapainya kenyamanan pendatang.

Legenda Dan Pesona Goa Maria Bukit Kelam

Bukit Kelam berada di kawasan hutan yang memberikan pemandangan alam sangat indah dan mempesona. Kawasan Hutan wisata ini menyuguhkan objek – objek wisata menarik berupa pemandangan air terjun, gua alam dengan ribuan kelelawar, dan sebuah tebing terjal setinggi 600 meter. Bukit Kelam itu sendiri merupakan sebuah bukit terbesar di dunia dengan susunan bukit terbuat dari batuan monolit.

Perpaduan seluruh objek alam itulah yang semakin menarik para pelancong untuk datang mengunjungi bukit ini dengan tujuan berdoa ke Goa Maria Bukit Kelam atau untuk berekreasi alam. Menurut cerita masyarakat sekitar Bukit, batu yang ada di Bukit tersebut berasal dari Puncak Bukit batu Naga Silat. Batu itu hendak digunakan sebagai alat untuk membendung Sungai Kapuas oleh Bujang Beji.

Bujang Beji memiliki rasa iri terhadap saudaranya yang mendapatkan banyak ikan, maka ia hendak membendung sungai itu untuk mencegah ikan – ikan berlarian. Bujang Beji memiliki niatan jahat karena ia selalu menangkap ikan dengan racun yang membuat ikan – ikan kecil mati. Tetapi di suatu waktu niatan itu gagal karena kaki Bujang Beji tertusuk duri sehingga batu itu jatuh. Batu yang jatuh tersebut saat ini menjelma menjadi Bukit Kelam.

Fasilitas Doa Di Goa Maria Bukit Kelam

Di Bukit Kelam inilah taman dan Goa Maria diresmikan pada tanggal Mei 2008 oleh Gubernur Kalimantan Barat yaitu Cornelis MH dan diberkati oleh Duta Besar Vatican Indonesia yaitu Bapa Mgr. Leopoldo. Kawasan kompleks rohani Goa Maria Bukit Kelam saat ini sudah dilengkapi dengan fasilitas dan sarana pendukung lainnya, seperti kapel, aula, rute jalan salib, rumah retreat serta penginapan.

Kapel yang disediakan bisa digunakan peziarah untuk acara – acara doa dan ibadat, kemudian bangunan aula yang cukup besar digunakan untuk beristirahat, rumah retreat bagi para pengunjung yang akan mengadakan rekoleksi bersama, dan disediakannya fasilitas penginapan bagi peziarah yang baru saja melakukan perjalanan jauh bisa langsung menginap di tempat yang sudah ada.

Akses Jalan Goa Maria Bukit Kelam

Dari pusat Kota Sintang, Taman Wisata Bukit Kelam berjarak sekitar 19 km ke arah timur. Bagi peziarah yang akan berkunjung tidak perlu khawatir karena jalan menuju kawasan itu telah beraspal halus dan bisa dilalui oleh kendaraan roda empat, seperti mobil dan bus pariwisata. Setelah sampai di area parkir, perjalanan masih dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati anak tangga menuju kawasan Taman Wisata Alam Bukit Kelam.

Source http://kresnabayutour.com http://kresnabayutour.com/goa-maria-bukit-kelam/
Comments
Loading...