Goa Liang Tapah : Wisata Sejarah Di Kabupaten Tabalong

0 11

Goa Liang Tapah

Kecamatan Jaro mempunyai potensi wisata alam yang sangat menjanjikan. Kawasan ini memiliki perbukitan yang merupakan bagian dari pegunungan Meratus, selain itu Kecamatan Jaro juga menjadi lumbung padi untuk wilayah utara Kabupaten Tabalong karna wilayah ini memiliki hamparan pesawahan yang sangat luas persis berasa di kaki bukit pegunungan Meratus. Kombinasi pesawahan dengan latar belakang perbukitan selalu indah untuk dinikmati oleh mata. Jadi tidak heran jika Kecamatan Jaro memiliki banyak objek wisata alam seperti air tenjun, goa, dan juga beberapa bukit untuk melihat pemandangan yang menakjubkan.
Kecamatan Jaro yaitu Goa Liang Tapah. Terdiri dari dua kata yaitu “Liang” dan “Tapah”. Dalam bahasa Banjar liang berarti; lobang atau trowongan, sedang kan tapahadalah salah satu jenis ikan besar yang ada di Pulau kalimantan bahasa ilmiahnya; Cat fish Wallago. Jadi Liang Tapah bisa diartikan sebagai Lobang/trowongan tempat tinggalnya ikan Tapah. Masyarakat setempat memiliki banyak versi cerita tentang asal usul mengapa dinamakan Liang Tapah. Goa Liang Tapah berada di Desa Garagata Kecamatan Jaro. Lokasinya berada kurang lebih 3 kilometer dari jalan utama Trans Kalimantan Tanjung-Koaro. Ketika menuju objek wisata ini, sebelum sampai ke lokasi kita akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat indah yaitu hamparan sawah yang luas dengan latar belakang perbukitan yang menjulang tinggi.
Objek wisata mempunyai daya tarik tersendiri yang patut dikunjungi bagi mereka yang menyukai keindahan alam. Adapun objek yang ditawarkan yaitu berupa gua yang cukup luas dengan ukiran alam di atas langit-langit goa yaitu batuan stalakmit dan stalaktit. Ukiran stalakmit dan stalaktit ini terlihat cukup indah dan membentuk berbagai macam bentuk yang unik bahkan ada yang menyerupai binatang. Untuk memsuki goa Liang Tapah ini disarankan bagi pengunjung untuk ditemani pemandu/atau pengelola objek wisata. Karna struktur goa yang luas dan banyak terdapat lorong-lorong dikhawatirkan pengunjung akan tersesat jika tidak ditemani oleh pemandu.
Selain ukiran stalakmit dan stalaktit yang indah di dalam gua juga terdapat sumber mata air yang terlihat sangat menarik, terkena sinar matahari yang masuk kedalam goa sehingga mata air ini telihat hijau dan kadang juga terlihat berwarna biru.
Ditempat ini sering dijadikan tempat bersua foto favorit bagi pengunjung. Di luar goa juga terdapat wahana air yaitu berupa aliran air yang keluar dari mulut goa. Para pengunjung bisa menikmati segarnya air yang keluar langsung dari mulut goa dan tempat ini sangat aman bagi anak-anak untuk berman karena airnya tidak terlalu dalam.
Source https://haruai-wirang.blogspot.com https://haruai-wirang.blogspot.com/2018/05/daya-tarik-objek-wisata-alam-goa-liang.html
Comments
Loading...