Goa Gala-Gala Underground House Nusa Lembongan

0 14

Goa Gala-Gala

Goa Gala-Gala, gua ini merupakan rumah di bawah tanah (underground house), dibangun oleh seorang dalang bernama Mangku Byasa (almarhum) pada tahun 1961 selama 15 tahun. Tentunya tempat ini menjadi sebuah hasil karya spektakuler membutuhkan kerja keras, komitmen dan keyakinan hati. Sehingga tidak mengherankan tempat ini menjadi destinasi wisata wajib berikutnya di Nusa Lembongan.

   

Goa Gala-Gala Underground House ini memiliki 3 pintu masuk, berkedalaman 7 meter, dan ketinggian bangunan 1-2 meter. Terdapat beberapa lorong yang lebih pendek dari ukuran orang dewasa sehingga ketika memasukinya harus sedikit merunduk. Sudah terdapat penerangan namun di beberapa bagian masih agak gelap karena penerangan belum maksimal.

Karena memang difungsikan sebagai rumah tinggal oleh empunya rumah, sehingga bagian-bagian rumah ini layaknya rumah pada umumnya. Terdapat ruang tamu, ruang tidur, dapur, ruang makan, bahkan ada ruang meditasi. Pada ruangan yang berbentuk seperti gajah terdapat pahatan-pahatan pada dinding. Goa Gala-Gala Underground House ini pantaslah dikatakan sebagai mahakarya spektakuler yang wajib dijaga dan dilestarikan.

Akses Menuju Goa Gala-Gala

Goa Gala-Gala Underground House Nusa Lembongan. Dari Bali bisa ditempuh menggunakan speedboat dari dermaga Sanur. Perjalanan memakan waktu 30 menit hingga sampai di dermaga Mushroom Bay. Dari Mushroom Bay, perjalanan menuju Goa Gala-Gala hanya membutuhkan waktu sekitar 6 menit perjalanan atau berjarak sekitar 1,5 km saja.

Harga Tiket Masuk Goa Gala-Gala

Tiket masuknya hanya sebesar Rp25.000 dan Anda wajib memakai sarung dan selendang sebagai syarat memasuki rumah ini. Sebaiknya memakai jasa guide lokal untuk mengetahui lebih detail mengenai rumah bawah tanah Goa Gala-Gala serta agar tidak tersesat karena banyak lorong-lorong kecil di dalamnya.

Source https://www.kintamani.id https://www.kintamani.id/goa-gala-gala-underground-house-nusa-lembongan-pilihan-wisata-seru-bali-001311.html
Comments
Loading...