Goa Buniayu, Menelusuri Keindahan Perut Bumi Sukabumi

0 216

Goa Buniayu

Goa Buniayu merupakan salah satu wisata alam yang bisa di bilang cukup menarik. Goa yang menyajikan keindahan alam di perut bumi dengan ornamen-ornamen yang telah terbentuk selama puluhan bahkan jutaan tahun silam. Jawa Barat merupakan salah satu tempat yang memiliki banyak tempat-tempat wisata alam yang cukup eksotis dan menarik untuk di kunjungi. Tak heran jika banyak wisatawan yang datang ke daerah ini, baik wisatawan dalam negeri maupun dari wisatawan luar negeri. Terdapat berbagai macam tempat yang dapat anda dan keluarga kunjungi, salah satu tempat yang memiliki pesona keindahan alam tersembunyi yang wajib anda kunjungi adalah Goa Buniayu.

Goa Buniayu ini memiliki arti kecantikan yang tersembunyi dan berasal dari kata “Buni” yang berarti sembunyi dan “ayu” yang berarti cantik. Lokasi wisata ini terletak di Sukabumi, Jawa Barat. Bagi para warga sekitar, goa ini lebih dikenal dengan nama Goa Cipicung, karena lokasinya yang berada di Cipicung. Berbeda dengan para penjelajah, goa ini lebih di kenal dengan nama Goa Siluman. And For Your Information, goa ini pernah dijadikan lokasi syutting film “Si Buta Dari Goa Hantu”, mungkin ini salah satu alasan kenapa goa ini disebut sebagai Goa Siluman. Namun, setelah dikelola oleh Perum Perhutani, goa ini berubah nama menjadi Wisata Wana Goa Buniayu.

Pesona Keindahan Goa Buniayu

Goa ini memiliki tiga zona, yaitu zona terang, zona senja, dan zona gelap abadi. Pada zona terang, anda akan dimanjakan oleh berbagai ornamen menarik dengan bentuk yang beragam. Selanjutnya anda akan mendapati zona senja, dimana pada lokasi ini cahaya sudah mulai sulit masuk ke dalam. Kemudian pada zona terakhir, zona gelap abadi. Sesuai dengan namanya, cahaya matahari sudah tidak terlihat lagi. Untuk itu anda disarankan menggunakan headlamp untuk memberikan penerangan saat berada di zona ini.

Fasilitas Goa Buniayu

Bagi anda yang ingin menginap, di kawasan ini terdapat tempat penginapan seperti saung dan aula. Harga homestay yang ditawarkan cukup bervariatif, mulai dari Rp 150.000 sampai Rp 600.000/malam dengan kapasitan 3-12 orang. Di lokasi ini juga anda dapat mendirikan tenda agar lebih mendapatkan kesan alaminya. Selain itu terdapat pula fasilitas outbond yang dapat anda gunakan. Untuk makanan, anda tidak perlu khawatir karena di lokasi ini juga tersedia warung makan. Fasilitas lain seperti toilet umum dan keran air bersih juga tersedia di sini.

Harga Tiket dan Paket Goa Buniayu

Harga tiket masuk kawasan Buniayu : Rp 5.000/orang Goa horizontal (minat umum) : Rp 20.000/orang Goa vertikal + peralatan (jumpsuit + boots + helm + webbing + curug Bibijilan + pick up :Rp 150.000/orang.

Akses Menuju Goa Buniayu

Untuk menuju kawasan Goa Buniayu, kami harus melanjutkan perjalanan dengan 2 kali naik angkot. Yang pertama merupakan angkot dari terminal hingga kawasan pusat kota Sukabumi, dilanjutkan berjalan kaki melewati pasar, ruko dan stasiun kereta untuk sampai di kawasan terminal angkot ke 2. Perjalanan dari Kota Sukabumi hingga kawasan Goa Buniayu sendiri ditempuh hampir 2 jam, karena angkot harus ngetem dulu nunggu penuh. Tipe-tipe kawasan jarang angkutan yang cuma lewat 1 jam sekali.

Source wisata arif setiawan
Comments
Loading...