Gili Pasir Wisata Alam di Lombok

0 96

Gili Pasir

Gili Pasir merupakan salah salah satu wisata alam yang terletak di kawasan wisata Desa Tanjung luar. Sebuah kawasan pelabuhan ikan yang sangat sibuk dipagi hari. Aneka makanan luat dapat kita temui di Pelabuhan Tanjung Luar ini. Nelayan nelayan dari berbagai tempat umumnya datang memasarkan hasil lautnya di Pelabuhan yang sekaligus menjadi pasar ikan di Tanjung luar ini. Berjarak sekitar 15 menit dari pelabuhan Tanjung luar, Gili pasir dapat muncul dipermukaan beberapa jam setiap hari. Umumnya Gili pasir muncul pada pagi hari kisaran pukul 10 pagi hingga zuhur, namun pada musim angin barat Gili pasir lebih sering nongol pada sore hari.

Gili Pasir ini memanjang dan dapat di telusuri dengan berjalan kaki hingga berakhir pada Gili Kere, sebuah Gili tanpa penghuni yang ditumbuhi rumput dan pohon rindang. Luas gili kere ini tak lebih dari 1 Ha, kecil,mungil tapi tidak komersil. Di Gili Kere kita bisa mendirikan tenda, camping ceria, tak ada bangunan maupun penduduk di sana. Untuk menikmati semua lokasi wisata mulai dari Gili Pasir- Gili kere- Marengke hingga Pantai Pink, umumnya perahu dicarter dengan kocek 500.000 di Pelabuhan Tanjung luar. Perahu ini sudah sangat layak, selain besar, perahu bermesin tempel ini bergorden di sisinya, perjalanan lebih nyaman karena dapat melindungi dari percikan air laut maupun sengatan panas matahari Lombok.

Untuk menuju Pelabuhan Tanjung Luar dari kota mataram sebaiknya menggunkan kendaraan Pribadi baik sepeda motor maupun mobil. Menyewa di Rentcar, atau menggunakan Jasa Travel yang banyak tersedia di Lombok. Jarak dari Kota Mataram menuju PelabuhanTanjung luar sekitar 50 km selama 2 jam perjalanan. Jalanan aspal yang mulus dan aman menuju Tanjung luar membuat kita enggan melewati setiap petak sawah hijau dan langit biru Lombok. Pastikan memori kamera dan batrainya full, karena underwater gili gili itu sangat mengagumkan. Patrick bintang laut yang lunak di sentuh, terumbu karang yang alami asik di tatap tanpa berkecap di balik masker snorkel.

Perahu pengantar ke Gili pasir telah menyediakan persewaan alat snorkel, baik masker maupun pelampung, dengan tariff 25ribu sepuasnya, alat alat air itu sudah dapat kita gunakan untuk menikmati bawah air di Gili Ptelu, maupun dalam air di Pantai Pink. Singgah sesaat dari satu gili ke Gili lain, menyaksikan keindahan Lombok, merenungkan betapa Tuhan sungguh mencintai keindahan dan sempurna dalam membentuk rupa dunia. Liburan berkesan tak hanya tentang datang dan pergi dari satu tempat maupun pantai tetapi mengapa kita harus kesana, dan apa pelajaran apa yang kita dapatkan dari mengunjungi satu tempat di belahan dunia. Gili Pasir dan sekitarnya merupakan spot wisata yang masih belum banyak di kenal di Lombok, tetapi jika sudah berkunjung kesana, cerita keindahannya mengema dan diceritakan kembali kepada sesama.

Source https://lahanduta.wordpress.com https://lahanduta.wordpress.com/2015/07/27/gili-pasir/
Comments
Loading...