Gili Balu, NTB

0 21

Gili Balu

Pulau Sumbawa dan Pulau Lombok menyimpan daya tarik wisata kepulauan. Salah satunya adalah gugusan pulau-pulau kecil Gili Balu yang terletak di Desa Poto, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. Dalam bahasa Sumbawa, ‘gili’ artinya ‘pulau’ dan ‘balu’ artinya ‘delapan’. Gili Balu merupakan kawasan konservasi laut yang terdiri dari delapan pulau kecil dengan segala potensi kelautan yang dimiliki untuk rekreasi bahari.

Tidak hanya sebagai kawasan konservasi, kawasan ini juga dimanfaatkan sebagai area wisata bahari dengan keindahan pantai, perbukitan, hutan mangrove dan keindahan taman bawah lautnya. Terdiri dari 8 buah pulau-pulau kecil yang masih alami karena sebagian besar pulau-pulau ini tak berpenghuni. Beberapa diantaranya yaitu Pulau Kenawa, Pulau Mandiki, Pulau Paserang, Pulau Kambing, Pulau Belang, Pulau Ular, Pulau Namo, dan Pulau Kalong.

Dari kedelapan pulau yang ada, baru dua pulau yang telah dikelola yaitu Pulau Kenawa dan Pulau Paserang. Kedua pulau ini masing-masing memiliki keunikan yang selalu ingin dieksplore dari kondisi alamnya yang masih natural. Gili Balu bisa dibilang masih perawan. Belum ada tempat makan, apalagi resort yang bisa digunakan untuk istirahat. Namun, Anda bisa tinggal di rumah-rumah warga, silakan negosiasi harga dengan sang pemilik rumah.

Di sini juga belum ada persewaan alat snorkeling, juga diving. Anda bisa membawanya sendiri atau menyiapkannya sebelum berkunjung ke Gili Balu. Untuk mengunjungi gugusan pulau-pulau indah tersebut anda memiliki 2 alternatif yaitu dengan menggunakan Speed Boat selama ± 15 menit dengan rute dari Pelabuhan Tano – Pulau Kenawa PP dengan kapasitas 10 orang Rp. 250.000 sedangkan untuk rute Pelabuhan Tano – Pulau Paserang PP Rp. 350.000.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/nusa-tenggara-barat/gili-balu-pesona-gugusan-pulau-nusa-tenggara.html
Comments
Loading...