Gereja Katolik Santa Barbara Sawahlunto

0 57

Gereja Katolik Santa Barbara Sawahlunto beralamat di Jalan Yos Sudarso No 45, Kota Sawahlunto 27411. Telp. (0754) 61028 . Gereja Katolik Santa Barbara berdiri dengan megahnya di kota Sawahlunto sebagai tempat Ibadah kaum Kolonial.

Gedung yang dibangun tahun 1920 ini bersebelahan dengan Gedung Koperasi Ombilin Kota Sawahlunto dan Sekolah Santa Lucia yang dibangun pada masa Kolonial. Gereja ini didirikan oleh orang-orang Belanda yang bekerja di tambang, dan diperuntukkan bagi anak-anak Belanda serta anak-anak pekerja tambang. Pada saat yang sama juga didirikan Gereja Santa Barbara dan tempat tinggal biarawati.

  

Setelah kemerdekaan sampai sekarang gereja ini masih terawat dengan baik dan masih dimanfaatkan sebagai tempat ibadah umat nasrani kota multi etnis Sawahlunto. Bagian depan ruangan ibadah di Gereja Katolik Santa Barbara Sawahlunto, dengan mimbar, organ, patung Maria dan Yesus.

Bagian belakang ruang utama Gereja Katolik Santa Barbara Sawahlunto, dengan tangga kayu untuk naik ke balkon. Jendela-jendela kaca memberi cahaya yang cukup terang bagi ruangan ini. Deretan bangku untuk jamaah Gereja Katolik Santa Barbara Sawahlunto yang ditata simetris di sebelah kiri dan kanan ruangan.

Source https://parokisantabarbarasawahlunto.wordpress.com https://parokisantabarbarasawahlunto.wordpress.com/profil-2/
Comments
Loading...