Gereja Gothic Sayidan yang Lagi Hits di Jogja

0 78

Gereja Gothic Sayidan

Daerah Gondomanan memang terkenal akan bangunan-bangunan yang klasik dan penuh dengan nuansa jogja. Misalnya saja Pasar Beringharjo dan Benteng Vredenburg Jogjakarta yang menjadi salah satu kawasan yang berada di Gondomanan yang sangat kental nuansa tua namun penuh dengan keindahan pada setiap sisinya.

Nah di Gondomanan juga kini ada sebuah bangunan yang cukup menyita perhatian dan mulai terkenal dikalangan traveler khususnya para selebgram yakni Gereja Gothic. Bangunan yang menyerupai sebuah gereja kuno dan tua seperti di eropa berdiri diantara bangunan lainya. Gereja Gothic terlihat begitu mencolok dengan adanya menara-menara tinggi.

Gereja Gothic Sayidan memang sangat terlihat instagenik karna nuansa kuno dan eropa terlihat disetiap bangunanya. Itulah yang menjadikan Gereja Gothic Sayidan kini menjadi salah satu cagar budaya. Kini Gereja Gothic Sayidan juga menjadi salah satu spot foto yang diburu para selebgram maupun fotografer yang menjadikan Gereja Gothic Sayidan sebagai background foto.

Warga Jogja menyebut Gereja Gothic ini dengan nama Gereja Gothic Sayidan. Namun tahukah kalian jika bangunan ini bukanlah sebuah gereja melainkan hunian atau rumah yang sudah lama ditinggalkan pemiliknya. Yap bangunan kuno ini memang dibangun sekitaran tahun 1979 namun yang terlihat sekarang adalah hasil pemugaran atau renovasi tahun 1986 lalu.

Menurut warga setempat jika Gereja Gothic adalah milik salah satu warga keturunan china bernama Esther Widyo Wanandyo yakni istri dari R. Petrus Haryono, Seorang perajin batik yang memiliki relasi dengan Keraton Yogyakarta dan cukup berpengaruh di Jogja. Tak heran bila bangunan megah ini bisa berdiri dengan arsitektur yang tak seperti biasanya.

Source https://backpackerjakarta.com https://backpackerjakarta.com/melihat-keunikan-gereja-gothic-sayidan-jogja-yang-lagi-hits-di-instagram/
Comments
Loading...