Embung Langensari, Yogyakarta

0 86

Embung Langensari

Daerah istimewa Yogyakarta memiliki sejumlah embung terkenal, dimana hampir seluruh embung tersebut selain berfungsi sebagai wadah penyimpanan air, juga sebagai objek wisata masyarakat sekitar. Selain embung Nglanggeran dan embung Sriten, nyatanya Jogja memiliki embung baru cukup unik yakni embung Langensari Yogyakarta. Keunikan dimiliki embung ini tak seperti embung-embung lainnya, berada di atas puncak gunung, melainkan berada di pusat kota gudeg. Lokasi wisata begitu dekat area bengkel kereta api Balai Yasa.

Fungsi embung dibuat sebagai resapan air dalam kota dan sebagai taman terbuka masyarakat. Pihak pemerintah daerah terus berupaya menyelesaikan tahap pengembangan wisata, sebab dari awal 2017 silam hingga sekarang lokasi wisata belum sepenuhnya rampung, malah terlihat masih sedikit berantakan di beberapa titik, ya namanya aja masih tahap pembangunan. Walaupun demikian, tak sedikit warga Jogja memanfaatkan untuk acara-acara diantaranya kumpul bareng kerabat, mancing mania, swafoto dan latihan skate board.

Di dalam rancangan atau masterplan embung Langensari Jogja, nampak bagaimana embung Jogja ini digunakan sebagai ekowisata. Maksudnya satu sisi sebagai resapan air dan satu sisi lagi sebagai tempat rekreasi keluarga menyenangkan, sehingga bukan hal aneh apabila kehadirannya begitu disambut positif oleh warga Jogja dan wisatawan datang dari luar kota, sebab menambah lagi objek wisata Yogyakarta di dalam kota.

Lokasi Embung Langensari

Nah tunggu apa lagi ayo datang ke sini, berada di Jalan Kusbini nomor 35, Klitren, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan kode pos 55222. Lokasi wisata begitu dekat dengan wisata taman Sari Yogyakarta, itu loh salah satu landmark kota Yogyakarta yang kala itu berfungsi sebagai pemandian putri-putri raja, benteng terakhir dari keluarga raja dan sekarang beralih fungsi sebagai objek wisata historis kota Jogja. Jarak dari taman sari ke lokasi wisata hanya 5,5 kilometer atau memerlukan waktu tempuh 17 menit perjalanan.

Jalan menuju ke embung Langensari cukup mudah diakses, sebab lokasi wisata berada di jalur utama. Direkomendasi jika ingin kesini yakni jalan menuju lampu merah universitas Kristen Duta Wacana, ambil ke arah timur atau ke kanan menuju ke Kusbini (Jalan Solo). Tak jauh dari sana ada simpang kecil ambil saja ke arah kiri dan lokasi wisata ada di sebelah kiri jalan.

Harga Tiket Masuk Embung Langensari

Setelah diadakan persemaian dalam bentuk mancing bersama dengan raja sekaligus Gubernur Yogyakarta pak Sri Sultan. Pihak pengelola bakal menaikkan tarif ongkos parkir kendaraan dari Rp. 2.000 menjadi Rp. 5.000 ditujukan masyarakat umum hendak beraktivitas di area embung. Namun Bagi sobat datang di pagi hari biaya parkir dibebaskan.

Pihak pengelola pun menjelaskan kawasan embung belum ada patokan biaya retribusi, hal tersebut merujuk proyek embung masih dalam tahap pembangunan dan pengembangan. Hanya saja jumlah pengunjung terus mengalami peningkatan hendak memancing, warga secara insidentil memungut biaya parkir. Hal tersebut merujuk demi keselamatan kendaraan milik pengunjung.

Source http://www.datawisata.com http://www.datawisata.com/embung-langensari-yogyakarta
Comments
Loading...