Embung Abimanyu Temanggung Danau Buatan Temanggung

0 313

Embung Abimanyu

Embung Abimanyu merupakan salah satu dari beberapa danau buatan yang dibangun oleh pemerintah daerah Temanggung. Embung ini dibangun dengan menggunakan lahan milik pemerintah desa setempat. Tujuan utama pembangunan embung atau danau buatan ini untuk mengatasi kekurangan pasokan air pada musim kemarau dan sebagai daya tarik wisata baru di wilayah tersebut.

Lokasi Embung Abimanyu 

Embung Abimanyu terletak di Dusun Ngabeyan, Desa Ngropoh, Kecamatan Kranggan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Embung ini memiliki luas sekitar 90 x 70 meter dengan kedalaman 3,5 meter. Daya tampung air embung ini diperkirakan mencapai 13.000 m³ dan dapat mengairi air hingga 25 hektar lahan.

Keindahan Embung Abimanyu 

Pemandangan Embung Abimanyu Temanggung terkesan datar karena hanya berbentuk persegi panjang tanpa adanya lekukan. Bila diperhatikan bentuknya hampir sama dengan Embung Kledung. Pagar pengaman yang dipasang mengelilingi embung mirip seperti pagar rumah penduduk. Pagar dengan bentuk ini sepertinya kurang menarik dan menambah kesan datar pada kawasan embung. Tampungan air terlihat agak surut karena baru memasuki musim penghujan. Diharapkan tampungan air embung terisi penuh pada pertengahan musim penghujan agar terlihat lebih menarik.

Daya Tarik Embung Abimanyu 

Hal yang menarik dari Embung Abimanyu justru pemandangan alam dari embung yang berada di puncak perbukitan. Bila kondisi cuaca sedang cerah dan tidak berkabut, dari Embung Abimanyu akan terlihat jajaran 4 (empat) gunung diantaranya Gunung Ungaran, Gunung Andong, Gunung Sindoro, dan Gunung Sumbing. Selain itu dari tempat ini pengunjung dapat menikmati pemandangan terasing persawahan yang berbaris rapi di bagian bawah. Hanya saja pemandangan yang ada sedikit terhalang karena disekitarnya banyak tumbuh pepohonan yang cukup tinggi dan lebat.

Rute Menuju Embung Abimanyu 

Rute termudah menuju embung ini dari pusat kota Temanggung ikuti jalan raya penghubung Temanggung dengan Secang Magelang. Sebelum tiba di pertigaan jalan Pringsurat atau setelah Jembatan Sungai Progo ada sebuah pasar yang dinamakan Pasar Kranggan. Tepat pada pasar tersebut ada gang jalan ke arah kiri kemudian langsung belok ke kanan menuju desa Ngropoh. Kondisi jalan yang dilalui mulai menyempit namun sudah beraspal baik. Memasuki gerbang Desa Ngropoh ikuti jalan lurus  melewati pemukiman penduduk hingga ujung dan tiba di kawasan Embung Abimanyu.

Source wisata Awansan
Comments
Loading...