Embun Pagi dan Indahnya ‘Cermin Langit’ Danau Maninjau

0 99

Embun Pagi, ini terletak di Matua Mudiak, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, yang memiliki ketinggian mencapai seribu lebih dari permukaan laut itu, memang sangat strategis sebagai tempat untuk memandang keindahan alam Kabupaten Agam. Udara di tempat yang berada di ketinggian Embun Pagi itu, memang terasa sejuk. Hembusan angin yang sepoi-sepoi menyapa tubuh, kedua telapak tangan pun mulai mengusap-usap. Tapi, rasa dingin itu, turut menyuguhkan mata, karena bisa melihat luasnya Danau Maninjau.

Danau yang memiliki luas 99,5 km² itu, jika dilihat dari ketinggian laksana sebuah cermin langit. Pantulan biru langit dan gumpalan awan, bisa dilihat di atas permukaan danau yang terluas kedua di Sumatera Barat itu. Belum lagi, suasana alam yang hijau dari susunan bukit-bukit barisan, membuat pemandangan di Embun Pagi terasa begitu indah. Di kawasan Embun Pagi, tidak hanya sekedar berdiri dan memandang lepas ke arah bentangan Danau Maninjau. Di Embun Pagi, memiliki tempat-tempat yang bisa membuat pengunjung serasa berada di taman bermain yang berlatarkan Danau Maninjau.   

Ada beberapa spot yang bisa memanjakan pengunjung saat berada di Embun Pagi. Seperti ada susunan bambu yang dibuat layaknya kapal, taman bunga, payung warna warni yang bergantungan, tempat bertengger di bawah pohon, dan beberapa spot lainnya. Kebanyakan pengunjung yang datang, memanfaatkan latar belakang Danau Maninjau untuk berfoto ria. Tak dapat dipungkiri bahwa Embun Pagi benar-benar membuat pengunjung berkata “aduh…indahnya”.

Seperti yang dikatakan oleh Sari, Embun Pagi sungguh sebuah tempat wisata pemandangan yang indah. Udaranya sejuk, tempat berfoto yang bagus, dan akses untuk menuju ke Embun Pagi mudah dijangkau. Kalau dari Kota Bukittinggi untuk menuju Embun Pagi hanya berjarak sekira 35 kilometer. “Nggak nyangka tempat ini sangat indah. Indah pemandangannya, dan indah spot-spot fotonya,” katanya, Minggu Ia menyebutkan, untuk memasuki wisata di Embun Pagi, tidak dipungut biaya. Hanya saja, kepada pengunjung diminta untuk menjaga lingkungan bersih dari sampah.

Karena, di lokasi itu dibuat sebagai tempat ramah lingkungan, apalagi cukup banyak taman bunga yang menghiasi di lokasi Embun Pagi. Tidak hanya soal tempat yang indah, tak jauh dari lokasi tersebut, ada sebuah penginapan yang bisa jadi pilihan bagi pengunjung, yakni Nuansa Maninjau Resort dan homestay. Selain itu, juga ada tempat belanja oleh-oleh, seperti baju, tas, sepatu, dan aksesoris khas Agam. Melati, yang juga mengunjungi tempat tersebut mengatakan, meski Embun Pagi berada dekat dengan Kota Bukittinggi.

Namun untuk belanja oleh-oleh di Embun Pagi, memiliki khas sendiri, seperti baju kaos dan tas nya yang memiliki sablon gambar Danau Maninjau, dan tas yang memiliki tulisan tentang Agam yang beragam. “Memang pilihan belanja oleh-oleh belum begitu banyak, tapi cukup lah sebagai tanda pernah datang ke Embun Pagi,” ucapnya Embun Pagi ini sudah cukup lama dikenal oleh pengunjung yang merupakan masyarakat di Sumatera Barat, hanya saja belum begitu terkenal. Namun, semenjak adanya beberapa dekorasi tempat, Embun Pagi menjadi salah tempat yang favorit didatangi oleh pengunjung.

Source https://www.cendananews.com https://www.cendananews.com/2017/11/sejuknya-di-embun-pagi-dan-indahnya-cermin-langit-danau-maninjau.html
Comments
Loading...