Eksotisme Rumah Candu Lawang Ombo Lasem Rembang

0 268

Lawang Ombo

Lawang Ombo adalah salah satu wisata heritage yang mengajak Anda untuk menengok sejarah kelam perdagangan candu di masa penjajahan. Lawang Ombo ini dikenal sebagai sebutan “Rumah Candu.” Hal itu, dikarenakan, rumah ini, digunakan untuk menyimpan candu dan opium yang langsung dibawa dari Cina.

Lokasi Lawang Ombo

Lawang Ombo, berada di Desa Dasun, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Letaknya hanya berjarak sekitar 100 meter dari Sungai Babagan. Di satu sudut ruangan terdapat semacam sumur berdiameter 70 sentimeter.

Keunikan Lawang Ombo

Lawang Ombo tidak dibuka untuk umum hal ini bertujuan untuk mempertahankan nilai keluruhannya, namun bila ada acara keagamaan lwang ombo dibuka untuk umum, seperti gambar dibawah lawah ombo digunakan untuk panggung tari, acara ini digelar ketika diadakannya Lasem Festival.

Sejarah Lawang Ombo

Menurutnya, pada zaman itu, Sungai Babagan merupakan jalur utama perdagangan dari lepas pantai Rembang. Setelah rumah, tidak ada jalan selain sungai. Namun, kedatangan penjajah Belanda membuat tata ruang waktu tiu berubah. Belanda membuat dermaga di lepas Pantai Rembang, dan membuat jalan di depan Lawang Ombo.

Lawang Ombo, katanya, dulunya dibangun oleh dua kakak beradik dari Tionghoa yaitu Tong Kay dan Tong Day. Tidak dapat secara pasti kapan bangunan tersebut berdiri. Namun, diperkirakan sekitar tahun 1700 an.

Konon, bahkan katanya Lawang Ombo dikenal sebagai pusat operasi candu bagi daerah-daerah Pati, Jepara hingga Cirebon. Hingga kini, Lawang Ombo masih menyimpan misteri mengenai sejarah kelam yang pernah terjadi di tempat itu, mengenai perdagangan candu yang tersembunyi itu.

Source wisata rembang
Comments
Loading...