Eksotis, Pasar Papringan Temanggung Jawa Tengah

0 334

Pasar Papringan

Pasar Papringan merupakan salah satu tempat wiasata pasar yang menarik di Temanggung. Sebagian besar wisatawan tertarik mengunjungi tempat ini, terbukti dengan suasana pasar yang tak pernah lengang. Sesuai dengan namanya yaitu Papringan, yang berasal dari kata “pring” yang berarti bambu, pasar ini berada di sebuah kebun bambu. Pepohonan bambu di pasar ini cukup rimbun. Tepatnya, pasar ini berada di Dusun Banaran Kelingan, Caroban, Kandangan, Temanggung. Lokasinya bisa ditemukan disini melalui google map : Peta Pasar Papringan.

Lokasi Pasar Papringan

Pasar Papringan merupakan sebuah pasar yang terletak di sebuah kebun bambu (dalam bahasa Jawa disebut pring) di Dusun Kelingan, Desa Caruban, Kandangan, Kabupaten Temanggung. Pasar ini hanya ada setiap hari Minggu Wage, atau setiap 35 hari sekali. Pertama kali digelar pada Minggu Wage, tanggal 10 Januari 2016. Pasar Papringan sudah ada mulai dari pukul 06:00 hingga 12:00. Penggagas Pasar Papringan adalah Bapak Singgih S. Kartono. Beliau juga pendiri komunitas Spedagi (Sepeda Pagi). Pasar Papringan mengusung konsep Culinary, Crafts, dan Agriculture. Banyak keunikan yang bisa ditemui ketika kita datang di Pasar Papringan.

Rute Menuju Pasar Papringan

Dari arah Barat (Parakan, Wonosobo) : Dari arah parakan menuju Kota Temanggung lewat jalur pinggir kota (Kedu), sampai di pertigaan Maron, ambil ke kiri arah Kandangan sampai ketemu Ngelo, ambil jalan ke kiri, dari situ akan ada banyak petunjuk arah menuju Pasar Papringan.

 

Dari arah timur (Temanggung, Magelang, Semarang via Secang, Yogyakarta) : Dari arah pasar temanggung menuju Parakan lewat jalur pinggir kota, sampai di pertigaan Maron, ambil ke kanan arah Kandangan sampai ketemu Ngelo, ambil jalan ke kiri, dari situ akan ada banyak petunjuk arah menuju Pasar Papringan. Dari arah utara (Weleri, Candiroto, Ngadirjo, Jumo, Kaloran, Semarang via Sumowono) : Ambil arah Kandangan menuju kota, sampai ketemu desa Balun, dari desa Balun ambil jalan ke kanan, dari situ akan ada banyak petunjuk arah menuju Pasar Papringan.
Source wisata tribunjateng
Comments
Loading...