Eks Wisata Way Tebabeng, Lampung

0 44

Bendungan Way Tebabeng

Bendungan Way Tebabeng menjadi salah satu tempat wisata Ibu Kota Kabupaten Lampung Utara, kondisi nya butuh perhatian serius dari Pemerintah untuk dapat dimanfaatkan sebagai obyek wisata keluarga. Hal itu juga dapat membantu upaya Pemerintah setempat dalam pengembangan dan pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA) berpotensi, mengingat Kabupaten setempat minim akan daerah wisata.

Bendungan Tebabeng terletak di Desa Jagang Kecamatan Blambangan Pagar Kabupaten Lampung Utara tersebut, menjadi salah satu lokasi alternatif masyarakat berekreaksi pada saat menikmati akhir pekan (Sabtu dan Minggu). Namun, kurang lebih 10 tahun terakhir ini, areal bendungan di penuhi dengan keramba-keramba ikan warga sekitar (rumah apung) yang tidak tertata, hingga kurang sedap dipandang mata (Tidak terawat).

Menurut Enjun  warga sekitar, menuturkan, Bendungan Way Tebabeng itu saat ini digunakan warga untuk memelihara ikan di keramba apung. Ia memperkirakan, jumlah keramba mencapai 500 an kolam. Wajar saja jumlah itu banyak, karena satu Kepala Keluarga sekitar, memilik 10 sampai 20 kolam (keramba). Warga yang memiliki kerama-keramba itu bertempat tinggal di rumah apung Bendungan setempat, yang kesehariannya beraktifitas mengurus keramba-keramba tersebut. “Dulu memang bendungan itu tempat rekreasi, meski tak lagi berfungsi, dihari tertentu saat akhir pekan (Sabtu) dan hari libur (Minggu) ramai dikunjungi orang yang berfoto-foto, bersantai dan tak jarang banyak yang datang juga untuk memancing ikan,”kata Enjun, sambil menunjukan fasilitas perahu ayuh (bebek-bebekan) yang sudah rusak.

Enjun berharapa Bendungan tersebut dapat kembali berfungsi sebagaimana sebelumnya menjadi tempat rekreasi keluarga. Dengan demikian warga sekitar dapat terbantu untuk mendongkrak penghasilan ekonomi. Hal senada dikatakan Samsi, menurutnya memang selayaknya Bendungan itu di fungsikan kembali untuk menjadi salah satu obje wisata Kabupaten Lampung Utara. “Bendungan itu tidak bisa di investasikan, karena kebanyakan warga yang ada memiliki keramba yang berisikan ikan Mas,Nila dan Ikan patin (pembibitan dan kosumsi). Jadi alangkah baiknya jika dibangun sendiri oleh Pemerintah setempat untuk masyarakat setempat juga,”ujarnya.

Source https://lampungsai.com https://lampungsai.com/berita-lampung-terkini/lampung-utara/eks-wisata-way-tebabeng-tak-terawat-pemkab-berupaya-bangun-kembali/
Comments
Loading...