Dinding Batu Mahakam Ulu

0 9

Dinding Batu Mahakam Ulu

Mengapa daya tarik alam memiliki magnet yang kuat menarik wisatawan terutama wisatawan minat khusus? Jawabnya karena alam ciptaan Allah, ciptaan Tuhan, ciptaan Yang Maha Kuasa itu tiada bandingnya. Tiada pernah sama. Ketidaksamaan itulah kekuatannya.

Begitulah yang terjadi bagi penghobi gunung, goa, sungai, air terjun, danau, pantai, bawah air, dan termasuk tebing. Nah, soal tebing inilah yang ingin kuceritakan kepadamu. Mengapa? Tebing itu tidak kalah eksotikya dibanding pantai, danau dan goa.

  

Di antara tebing yang cantik itu ialah deretan tebing yang ada di Kabupaten Mahakam Ulu. Gagah, kokoh dan cantik, karena tebing-tebing itu bak karya seni rupa dengan bahan, komposisi dan teksturnya yang berbeda-beda, membentang di sepanjang sungai Mahakam. Sungguh, itu tiada duanya, tiada samanya.

Mahakam Ulu adalah salah satu kawasan perbatasan darat yang secara geostrategic merupakan pintu gerbang dari wilayah Indonesia ke Wilayah Malaysia (Serawak). Mahakam Ulu merupakan Daerah Otonomi Baru yang pecahan dari Kabupaten Kutai Barat, Kaltim dengan luas wilayah 72.567,49.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 2 tahun 2013, Kabupaten Mahakam Ulu terdiri atas lima Kecamatan, yaitu Kecamatan Long Hubung, Laham, Long Bagun, Long Pahangai dan Long Apari. Kondisi geografis Mahakam Ulu sebagian besar merupakan daerah pedalaman dan kawasan hutan lindung.

Untuk sampai ke Mahakam Ulu, jika kita dari luar Kaltim, kita dapat menggunakan pesawat ke Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan. Kemudian kita bisa menyewa mobil dari Bandara ke Tering dengan waktu tempuh sekitar 10 jam.

Perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan moda trasportasi air (speedboat) dari Tering ke Pelabuhan Ujoh Bilang (Long Bangun) selama kurang lebih 4 jam. Rute itu salah satu akses paling cepat untuk sampai ke Long Bangun.

Di sepanjang Sungai Mahakam Ulu kita bisa menjumpai keramaian kapal, speed boat dan ketinting yang hilir mudik melintasi Sungai Mahakam. Kita juga bisa melihat perkampungan penduduk yang berada di sepanjang sungai. Ada beberapa rest area terapung guna bersantap siang di pingir Sungai Mahakam atau sekedar ngopi.

Sebelum sampai di Ujoh Bilang, mata kita akan menangkap dinding kokoh seakan sebuah benteng pertahanan, itulah dia yang disebut sebagai #Batu_Tenvang. Batu Tenvang adalah objek wisata andalan Kabupaten Mahakam Ulu.

Dinding batu atau tebing ada di mana-mana tapi tebing batu di tepi sungai, tinggi, gagah, memanjang di tepi sungai sejauh 800 meter yang ada di Mahakam Ulu sangat berbeda. Di situ, bisa kita temukan kuburan tua. Entah bagaimana cara ‘orang dulu membawa mayat untuk dimakamkan di bukit Batu Tenvang.

Selain tebing Batu Tenvang, kita juga akan menyaksikan tebing-tebing batu yang dihiasi aneka pohon di sepanjang perjalanan ke hulu Mahakam. Di sela-sela cadas itu dapat pula kita temukan air terjun yang akan kuceritakan sendiri di bagian lain.

Tebing di kiri-kanan sungai seakan menjadi benteng untuk melindungi siapa saja yang melintas di hulu sungai Mahakam ini. Ia juga menjadi sumber keindahan agar perjalanan tak membosankan. Tebing-tebing itu dengan setia menjaga pelintas sungai.

Source http://visitkaltim.id http://visitkaltim.id/blog/dinding-batu-mahakam-ulu
Comments
Loading...