Destinasi Wisata Waduk Malahayu Brebes Jawa Tengah

0 324

Waduk Malahayu

Waduk Malahayu merupakan salah salah satu wisata waduk atau bendungan terbesar yang berada di wilayah kabupaten Brebes. Waduk ini merupakan peninggalan penjajahan Belanda yang saat ini masih berfungsi untuk mengairi lahan pertanian dan menjadi pembangkit tenaga listrik. Pemerintah daerah setempat mengembangkan kawasan Waduk Malahayu sebagai kawasan wisata unggulan meskipun kondisinya saat ini kurang terawat dan terkesan dibiarkan.

Lokasi Waduk Malahayu

Waduk Malahayu terletak di Desa Malahayu, Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah; ± 6 km dari Banjarharjo atau 17 km dari Tanjung. Luas kawasan ini sekitar 944 hektare dan dibangun pada tahun 1930 oleh Kolonial Belanda.

Petunjuk jalan cukup jelas sehingga membuat orang tidak tersesat saat berjalan menuju lokasi. Kondisi jalan menuju Waduk Malahayu sebagian mengalami kerusakan dan belum diperbaiki. Angkutan umum masih beroperasi menuju ke lokasi waduk namun disarankan menggunakan kendaraan pribadi saja seperti sepeda motor atau mobil.

Fasilitas Waduk Malahayu

Selama perjalanan menuju Waduk Malahayu Brebes, wisatawan dihibur dengan pemandangan area persawahan dan hutan jati. Memasuki gerbang wisata Waduk Malahayu, wisatawan dipungut retribusi masuk oleh petugas jaga. Kendaraan diparkir di tempat parkir yang sudah disediakan oleh pengelola obyek wisata. Selanjtnya wisatawan dipersilakan berjalan kaki menuju ke tepi waduk. Kesan pertama saat tiba di kawasan Waduk Malahayu adalah obyek wisata yang terlihat sepi dan kurang terawat. Beberapa fasilitas yang ada seperti kamar mandi/wc umum mengalami kerusakan dan hanya sebagian yang masih dapat digunakan.

Wahana di Waduk Malahayu

Sebagai tempat rekreasi sudah tentu waduk ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memudahkan para pengunjung. Ada bumi perkemahan, kolam renang anak, area bermain, becak air, perahu untuk berkeliling waduk, panggung terbuka serta tempat parkir yang luas. Semua itu bisa dimanfaatkan para pengunjung sembari menikmati keindahan waduk yang dikelilingi oleh hutan jati serta panorama pegunungan yang indah.

Source wisata pesona negeri
Comments
Loading...