Destinasi Wisata Tegal Alun Gunung Papandayan Garut

0 72

Tegal Alun Gunung Papandayan Garut

Tegal Alun merupakan sebuah lapangan luas yang ditumbuhi oleh tanaman edelweis. Tegal Alun ini berada di puncak Gunung Papandayan dan memiliki luas sekitar 32 hektar. Tegal Alun ini memiliki keunikan, yaitu hampir seluruh kawasan di tempat ini ditumbuhi oleh tumbuhan edelweis. Tumbuhan edelweis ini tak bisa tumbuh di sembarang tempat.

Hanya tempat yang tinggi seperti pegunungan dan memiliki cuaca sejuk saja yang bisa ditumbuhi oleh tanaman ini. Tegal Alun merupakan salah satu spot tertinggi yang ada di Gunung Papandayan. Banyak dari para pendaki yang menjadikan Tegal Alun ini sebagai destinasi utama yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Papandayan. Untuk bisa mencapai lokasi ini diperlukan stamina yang cukup kuat dan fit, karena letak dari Tegal Alun ini berada di puncak gunung dengan jalanan yang menanjak.

Lokasi Tegal Alun 

Tegal Alun ini terletak di puncak Gunung Papandayan. Untuk bisa menuju tempat ini, lokasi pertama yang harus dituju adalah kawasan Taman Wisata Alam Gunung Papandayan, yang terletak di Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Propinsi Jawa Barat. Dan Gunung Papandayan ini terletak sekitar 70 Km sebelah tenggara Kota Bandung.

Rute Menuju Tegal Alun 

Untuk bisa tiba di Tegal Alun ini, lokasi yang pertama dituju adalah mengunjungi kawasan Taman Wisata Alam Gunung Papandayan, dengan terlebih dahulu mendaftarkan diri sebagai pendaki dan membayar retribusi tiket. Setelah membayar di pintu gerbang, setelah itu parkirkan kendaraanmu di Terminal Papandayan. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki setapak demi setapak. Kurang lebih sekitar 3 jam perjalanan dengan berjalan kaki dari Terminal Papandayan menuju Tegal Alun.

Harga Tiket Tegal Alun

Tiket masuk kawasan Tegal Alun Gunung Papandayan Rp. 5.000 hari biasa dan Rp. 7.500 pada hari sabtu dan minggu. Saat memasuki jalur menuju Pondok Saladah juga dipungut biaya kebersihan seikhlasnya.

Source Jalan Wisata Garut
Comments
Loading...