Destinasi Wisata Tanah Tingal di Tangerang

0 41

Tanah Tingal

Tanah Tingal merupakan destinasi wisata edukatif yang berada di Kota Tangerang Selatan. Tempat rekreasi ini tepatnya berada di Jalan Merpati Raya nomor 32, Kelurahan Sawah Baru, Kecamatan Ciputat, Tangerang, Banten. Di sini pengunjung dapat menghabiskan waktu libur dengan kegiatan kreatif sekaligus berinteraksi dengan alam.

Tanah Tingal Ciputat menempati lahan seluas 10 hektar. Tantangan mengenal alam sudah dimulai sejak belum memasuki area rekreasi. Pengunjung diharuskan melewati jalan pedesaan yang berbatu. Trek ini biasanya dimanfaatkan sebagai lintasan jogging atau bersepeda. Sepanjang jalan masuk, Anda akan disuguhi pemandangan hijau. kawasan wisata edukatif ini memang ditumbuhi ribuan jenis pohon.

Keindahan Tanah Tingal

Tanah Tingal menawarkan banyak aktivitas. Pengunjung bisa menikmati aktivitas ringan seperti menyaksikan berbagai foto di galeri foto atau mengamati ornamen khas Jawa di rumah etnik Jawa. Penggemar petualangan bisa mencoba menjelajahi hutan atau bermain kayak di danau. Bila ingin belajar bercocok tanam, pengunjung bisa mengikuti kegiatan memanen padi di sawah, menanam bunga anggrek, memetik buah (saat musim panen), serta bertani di kebun sayur atau ladang.

Tanah Tingal di Kecamatan Ciputat memiliki wahana permainan lain seperti flying fox. Pengunjung juga bisa melakukan berbagai aktivitas menyenangkan karena tersedia lapangan yang cukup luas. Anda pun bisa mencoba ketangkasan dengan mendaki wall climbing atau berenang di kolam yang ada. Ada juga wahana jembatan tali dan pamper pole yang cocok dijadikan arena outbond. Dua wahana terakhir khusus dibuka untuk rombongan dengan jumlah minimal 50 peserta.

Fasilitas Tanah Tingal

28 Tanah Tingal fasilitasPengelola Tanah Tingal juga menawarkan program membuat keramik. Dalam kegiatan ini, peserta diajak terlibat secara langsung dalam setiap tahap pembuatan keramik. Selain itu, pengunjung juga akan diajari cara melukis keramik. Aktivitas lain yang menarik diikuti adalah bird watching. Pengamatan burung biasanya dilakukan pada pagi hari dengan jumlah peserta minimal 20 orang. Ada tiga puluh jenis burung yang bisa diamati misalnya elang bondol, burung cabai jawa, perkutut jawa, betet kelabu, tekukur, hingga burung pipit benggala.

Akses Menuju Tanah Tingal

Tanah Tingal di kawasan Ciputat dapat dikunjungi dengan mudah menggunakan kendaraan publik. Anda bisa menumpang kereta komuter maupun ekonomi dari Stasiun Manggarai atau Stasiun Jakarta Kota yang ada di ibukota. Selanjutnya turun di Stasiun Sudimara yang terletak di Tangerang Selatan. Dari sini Anda tinggal berjalan kaki selama 15 menit menuju tempat rekreasi yang dituju.

Source isata.idjakarta.panduanw http://jakarta.panduanwisata.id/beyond-jakarta/tangerang/wisata-edukatif-ke-tanah-tingal-ciputat/
Comments
Loading...