Destinasi Wisata Taman Nasional Baluran di Banyuwangi

0 149

Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran adalah sebuah padang rumput yang sangat luas yang di dalam nya terdapat berbagai satwa lindung seperti macan tutul, Anjing hutan, Kijang, Rusa, Burung merak, Sapi, Kerbau, beragam jenis burung dan satwa unik lainnya. Adanya hewan hewan yang berkeliaran di padang rumput Savana menjadikan suasananya mirip seperti di Afrika. Taman Nasional Baluran atau yang disebut juga dengan nama Savana Bekol adalah salah satu Savana yang dimiliki Indonesia. Dan daerah lain yang juga memiliki Savana adalah Nusa Tenggara Timur.

Meskipun lokasi Taman Nasional Baluran berada di pelosok, wisatawan yang berkunjung tidak pernah sepi. Rata rata 100 wisatawan datang setiap harinya. Jumlah tersebut umumnya meningkat ketika hari libur. Wisatawan diperbolehkan melintas di tengah padang savana ini untuk melihat berbagai aneka satwa yang ada dan menikmati indahnya pemandangan dari berbagai penjuru. Akses jalan yang melintas di tengah padang savana ini berujung di sebuah Pantai yang bernama Pantai Bama. Beberapa Tumbuhan yang tumbuh di kawasan Taman Nasional Baluran tergolong cukup unik, yaitu mampu bertahan dengan kehijauan–nya meskipun tanahnya sangat kering. Jenis jenis tumbuhan yang dapat di jumpai di taman Baluran antara lain Widoro buko, Mimba, dan Pilang. Tumbuhan tumbuhan jenis tersebut mampu tumbuh bahkan ditempat yang gersang sekalipun.

Fasilitas Taman Nasional Baluran

Selain hanya menikmati pemandangan yang ada, wisatawan juga dapat melakukan aktivitas seru sekaligus menantang seperti Hiking, Trecking, Birdcatching, Wildlife Observation. Untuk pengunjung yang berencana ingin menghabiskan malam di lokasi, dapat memanfaatkan beberapa homestay yang telah disediakan. Namun perlu diketahui bahwa memang ada 2 destinasi di Taman Nasional Baluran ini, yaitu Padang Savana (Savana Bekol) dan pantai Bama. Aktivitas yang dapat dilakukan di kedua tempat tersebut berbeda. Tentu untuk tempat menginapnya pun dibedakan.

Rute Menuju Taman Nasional Baluran

Akses menuju Taman Nasional Baluran sangat mudah, baik bagi pengguna kendaraan bermotor maupun kendaraan roda empat. Taman Nasional Baluran dapat ditempuh melalui arah barat dan timur. Baik berangkat dari arah barat maupun dari arah timur akan melewati jalur Pantura (Jalur pesisir Pantai utara). Apabila berangkat dari arah Surabaya maka rute yang ditempuh adalah, Surabaya => Pasuruan => Probolinggo => Situbondo => Baluran Apabila berangkat dari Denpasar, Bali, maka rute yang harus ditempuh adalah, Denpasar => Banyuwangi => Baluran Jarak Taman Nasional Baluran ke Surabaya kurang lebih 255 km, dan jarak Baluran dari Pusat Kota Situbondo adalah 60 km. Dan jika berangkat dari Barat maka akan melintasi hutan yang cukup panjang. Namun pemandangan di sepanjang hutan ini sangat indah, sehingga terasa menyenangkan meskipun perjalanan yang ditempuh cukup panjang.

Lokasi Taman Nasional Baluran Situbondo

Jarak  Denpasar Ke Taman Nasional Baluran kurang lebih 159 km. Sedangkan jarak Banyuwangi ke Baluran adalah 60 km. Ketika sudah sampai di pintu masuk, pengunjung dapat membeli tiket dan melanjutkan perjalanan sejauh 12 km untuk menuju pusat lokasi wisata. Taman Nasional Baluran terletak di Kabupaten Situbondo, tepatnya berada di desa Wongsorejo, Kecamatan Banyuputih. Lokasi Baluran memang agak terisolasi dari pusat keramaian, mengingat tempatnya memang sangat terpencil. Jarak Dari jalan raya ke lokasi adalah 12 km.

Source https://www.tabloidwisata.com https://www.tabloidwisata.com/taman-nasional-baluran-situbondo-lokasi-tiket/
Comments
Loading...