Destinasi Wisata Taman Kota Tua Jakarta

0 9

Kota Tua Jakarta

Kota Tua Jakarta atau Batavia Lama (Oud Batavia) merupakan salah satu tempat wisata yang ada di  terletak di Kelurahan Pinangsia, Kecamatan Tamansari, Jakarta Barat. Salah satu tempat wisata di Jakarta yang selalu ramai dikunjungi para wisatawan. Kawasan Kota Tua ini terbilang wilayah kecil yang ada di Jakarta. Luas wilayah khusus ini sekitar 1,3 kilometer persegi yang melintasi Jakarta Utara dan Jakarta Barat (Pinangsia, Taman Sari dan Roa Malaka). Kota tua adalah sebuah kawasan kota rintisan yang dulunya dibangun oleh Belanda sebagai pusat perdagangan di Asia.

Berada di tengah kepulauan Indonesia menjadikan Batavia sebagai pusat perdagangan dari dan keluar negeri menggunakan pelayaran. Berada di antara perbatasan Jakarta Utara dan Jakarta Barat. Bagi kamu yang menyukai wisata sejarah, wajib hukumnya untuk datang ke kawasan Kota Tua.

Selain bisa menikmati suasana Jakarta ala jaman Belanda, kamu juga sekaligus bisa belajar sejarah dengan mengunjungi museum-museum yang berada di kawasan Kota Tua. Batavia lama dulu mendapat julukan “Permata Asia” dan “Ratu dari Timur” pada abad ke-16 oleh pelayar Eropa. Batavia Lama dianggap sebagai pusat perdagangan untuk benua Asia karena lokasinya yang strategis dan sumber daya melimpah.

Kota Tua Jakarta banyak dikunjungi karena ada hal menarik yang ada disana, apalagi kalau bukan obyek wisata yang ada di Kota Tua Jakarta tersebut. Pada masanya, Pelabuhan Sunda Kelapa merupakan pelabuhan terbesar dan tersibuk yang digunakan untuk kegiatan jual beli dalam perdagangan internasional. Sedangkan kawasan sekitar Museum Bank Indonesia dan Museum Fatahilah adalah salah satu pusat pemerintahan kolonial. Berikut ini adalah beberapa obyek wisata yang bisa anda kunjungi ketika berada di Kota Tua Jakarta.

Gedung Arsip Nasional, Gedung Chandranaya, Vihara Jin De Yuan (Vihara Dharma Bhakti), Petak Sembilan, Pecinan Glodok dan Pinangsia, Gereja Sion, Tugu Jam Kota Tua Jakarta, Stasiun Jakarta Kota, Museum Bank Mandiri, Museum Bank Indonesia, Standard-Chartered Bank, Kota’s Pub, VG Pub Kota, Toko Merah, Cafe Batavia, Museum Sejarah Jakarta atau Museum Fatahillah (bekas Balai Kota Batavia), Museum Seni Rupa dan Keramik (bekas Pengadilan Batavia), Lapangan Fatahillah, Replika Sumur Batavia, Museum Wayang, Kali Besar (Grootegracht), Hotel Former, Nieuws van de Dag, Gedung Dasaad Musin, Jembatan Tarik Kota Intan, Galangan VOC, Menara Syahbandar, Museum Bahari, Pasar Ikan, Pelabuhan Sunda Kelapa, dan Masjid Luar Batang.

Source http://wisataa.com http://wisataa.com/category/jakarta
Comments
Loading...