Destinasi Wisata Sumber Penganten di Jombang

0 163

Wisata Sumber Penganten

Sumber Penganten merupakan salah satu aset wisata yang dimiliki Kabupaten Jombang. Letaknya sekitar 1 kilometer dari Arah kota. Kecamatan Jogoroto, kondisinya terlihat masih alami. Beberapa bangunan saksi sejarah masa lampau, juga masih ada. Menurut legenda, cikal bakal munculnya Sumber Penganten, berawal ketika sepasang penganten tenggelam (menghilang) ketika mandi. Itu terjadi jauh sebelum kompeni Belanda masuk ke Indonesia. Karena itu kemudian muncul kepercayaan bahwa sumber tersebut memiliki kekuatan magis.

Lokasi Sumber Penganten

Lokasi Sumber Penganten jauh dari hingar-bingarnya kendaraan, namun tidak terpencil. Sebaliknya, mudah dijangkau, dengan kendaraan roda empat sekali pun. Di sekitarnya, terhampar lahan luas, yang biasanya, dimanfaatkan pengunjung sebagai tempat parkir dan aman. Di sekelilingnya tumbuh pepohonan nan rindang yang berfungsi menaungi pengunjung dari sengatan sinar mentari. Acapkali pula dimanfaatkan untuk bersantai. Penduduk sekitar sangat ramah dan seakan tak peduli dengan beragam kesibukan yang terjadi. Karena itu, siapa pun betah berlama-lama di sana.

Legenda Sumber Penganten

Sumber Pengantin Jombang menyimpan misteri yang membuat banyak pengunjung dan masyarakat sekitar penasaran. Namun dari kejadian seorang gadis SMP yang tenggelam ketika berenang di pemandian ini menjadikan sebuah bukti akurat yang menyatakan bahwa pemandian ini memang angker dan dihuni oleh makhluk gaib. Banyak tempat wisata yang menyimpan ceritanya.

Legenda serta dongeng yang kental dengan mitos di setiap tempat wisata yang dikunjungi memang sudah menjadi ciri khas sekaligus daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Salah satunya adalah Pemandian Sumber Pengantin Jombang yang menyimpan mitos tersendiri dimana sampai saat ini dipercaya oleh masyarakat sekitar. Ini dikarenakan banyak keanehan yang ada di sekitar tempat pemandian kuno ini.

Source http://jawatimuran.net http://jawatimuran.net/2012/04/23/sumber-penganten-jombang/
Comments
Loading...