Destinasi Wisata Situ Bulakan di Kota Tangerang

0 45

Situ Bulakan

Situ Bulakan merupakan salah satu wisata sebuah danau yang terletak di tiga kelurahan sekaligus yakni Kelurahan Periuk, Kelurahan Gembor, dan Kelurahan Kutajaya. Ketiganya berada di bawah wilayah administratif Kecamatan Periuk, Kota Tangerang. Sebelum menjadi objek wisata, Situ Bulakan merupakan rawa yang dipenuhi tanaman enceng gondok. Sayangnya tidak ada yang tahu pasti tentang pergeseran danau yang semula tidak terawat menjadi kawasan rekreasi. Catatan yang ada menyatakan bahwa situ seluas 21 hektar itu mulai direvitalisasi tahun 2007 oleh pemerintah Propinsi Banten. Revitaslisasi tersebut tidak hanya mengembalikan fungsi alami danau sebagai tendon air tetapi sekaligus memberikan potensi ekonomi baru bagi warga sekitar.

Fasilitas Situ Bulakan

Saat ini Situ Bulakan menjadi salah satu destinasi wisata favorit warga Tangerang dan sekitarnya. Selain mudah dijangkau, berlibur di danau tersebut juga tidak memerlukan biaya besar. Pengelola Danau Bulakan telah menyediakan berbagai faslilitas untuk mendukung kegiatan wisata. Jai, pengunjung tidak hanya datang untuk sekedar duduk santai sambil memancing atau menikmati pemandangan alam.

Situ Bulakan menawarkan berbagai wahana permanan baik permainan air maupun darat. Buah hati Anda bebas bemain di playground. Sedangkan wahana airnya meliputi sepeda air maupun perahu untuk mengelilingi danau. Di sana juga sudah tersedia sarana rekreasi seperti permainan jet ski dan flying fox. Pengunjung juga tidak perlu khawatir bila lupa mempersiapkan bekal karena di danau bulakan terdapat beberapa warung serta penjual camilan.

Harga Tiket Situ Bulakan

Situ Bulakan juga terkenal akan jagung bakarnya yang lezat dan murah. Panganan tersebut biasanya laris diserbu pengunjung saat musim liburan. Danau di Kota Tangerang tersebut juga kerap dijadikan alternativ untuk menghabiskan malam pergantian tahun serta menyaksikan pertunjukan kembang api di atas danau. Situ Bulakan dapat dikunjungi setiap hari. Bila ingin menjelajahi danau menggunakan bebek-bebekan atau sepeda air, pengunjung cukup membayar Rp 15.000/30 menit.

Akses Menuju Situ Bulakan

Situ Bulakan mudah dikunjungi menggunakan kendaraan pribadi. Bila datang dari Jakarta, silakan ikuti Jalan Tol Jakarta-Tangerang dilanjutkan ke Jalan Tol Tangerang-Merak. Setelah berkendara selama kurang lebih 15 menit, belok kanan keJalan Gatot Subroto.  Kira-kira 7 menit setelah itu, Anda akan menjumpai persimpangan. Di sini belok kiri ke Jalan Pasar Kemis-Siliwangi. Ikuti jalan tersebut sampai persimpangan yang mengarah ke Jalan sentosa. Jalan tersebut mengarah langsung ke Kelurahan Gembor tempat Danau Bulakan berada.

Source http://jakarta.panduanwisata.id http://jakarta.panduanwisata.id/beyond-jakarta/tangerang/wisata-keluarga-ke-situ-bulakan/
Comments
Loading...