Destinasi Wisata Sejarah Museum Trowulan di Mojokerto

0 184

Museum Trowulan

Museum Trowulan ini merupakan salah satu wisata sejarah yang terletak di Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Propinsi Jawa Timur. Museum Trowulan sendiri dibangun pada tahun 1987 untuk digunakan sebagai tempat menyimpan berbagai benda bersejarah, artefak, dan berbagai benda temuan para arkeologi yang ada di sekitar Trowulan. Daerah Trowulan juga merupakan salah stau tempat bersejarah paling penting di Indonesia dimana sangat berkaitan erat dengan sejarah kerajaan Majapahit.

Pada umumnya koleksi benda bersejarah yang ada di Museum Trowulan ini berasal dari masa kerajaan Majapahit, tetapi koleksi benda bersejarah tersebut juga mencakup berbagai era sejarah yang ada di wilayah Jawa Timur yaitu kerajaan Kahuripan, kerajaan Kediri, dan kerajaan Singhasari. Lokasi bangunan gedung Museum Trowulan berada di tepi barat kolam Segaran. Museum Trowulan juga adalah museum yang memiliki koleksi terlengkap di Indonesia dengan koleksinya berupa relik yang berasal dari masa kerajaan Majapahit.

Museum Trowulan dikelola oleh Balai Pelestarian dan Peningalan Purbakala (BP3) Jawa Timur. Museum Trowulan menyimpan banyak sekali koleksi benda – benda peninggalan dari kerajaan Majapahit yang dilengkapi dengan informasi tentang kerajaan Majapahit. Terdapat beberapa bagian bangunan dari Museum Trowulan antara lain yaitu bangunan gedung utama yang difungsikan sebagai tempat untuk menyimpan koleksi – koleksi bersejarah dan sebagai kantor untuk urusan administratif museum, serta terdapat beberapa bangunan joglo kecil tanpa dinding untuk meletakkan arca – arca dengan ukuran besar.

Untuk jenis koleksi benda peninggalan bersejarah yang ada di Museum Trowulan Mojokerto terdiri dari beranekaragam jenisnya antara lain miniatur atau maket candi, koleksi arca, mata uang kuno, guci tanah liat, koleksi keramik, peralatan rumah tangga, sejumlah patung Hariti baik yang tanpa kepala maupun dengan satu kepala terpisah. tanpa kepala, dan satu kepala terpisah, terdapat pula patung yang biasanya digambarkan dengan buah dada besar dan dikelilingi anak-anak.  Tak hanya itu saja, juga terdapat koleksi Pantheon Hindu dengan penempatan Lingga Yoni di tengah, Siwa di Selatan, Durga di Utara, Ganesha di Barat, Mahakala di kiri pintu masuk, dan Nandiswara di kanan pintu masuk.

Untuk harga tiket masuk jika berkunjung ke Museum Trowulan Mojokerto sangatlah murah. Harga tiket untuk pelajar dikenakan sebesar Rp 1.500,-/orang dan untuk tiket umumnya sebesar Rp 2.500,-/0rang. Jam berkunjung ke Museum Trowulan ini ada hari Selasa sampai Minggu jam 07.30 – 15.30 WIB. Museum Trowulan ini jika hari Senin atau hari liburan Nasional akan tutup, jadi pastikan Anda tidak salah hari jika berminat untuk berwisata edukasi ke kawasan Museum Trowulan Mojokerto.

Source http://www.wisataterindah.net http://www.wisataterindah.net/museum-trowulan-mojokerto/
Comments
Loading...