Destinasi Wisata Sejarah Museum Sunan Giri di Gresik

0 169

Museum Sunan Giri

Museum Sunan Giri merupakan salah satu wisata sejarah yang beralamat di Jl. Pahlawan No.24, Bedilan, Kec. Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61114. Biasanya, tempat wisata sejarah ini dibukan pada pukul 08.00 sampai 15.00 WIB. Pengunjung bisa datang setiap hari tanpa harus membeli tiket masuk. Karena lokasinya di tengah kota, akses kendaraannya sangat muda. Mulai dari bus, angkutan umum, taksi, hingga ojek. Bangunan ini diresmikan sejak tahun 2003.

Fasilitas Museum Sunan Giri

Fasilitas pendukung di dalamnya terdiri dari musala, area parkir, dan toilet. Sekitar 372 koleksi tersimpan di Museum Sunan Giri. Beberapa koleksi utamanya terdiri dari serban Sunan Giri, fragmen sajadah, tombak, keris kalam munyeng, umpak kayu, pelana kuda, bedug, terbang, naskah, Alquran, dan kitab khotbah Jumat. Uniknya, Alquran yang dipamerkan di museum merupakan hasil tulisan tangan.

Koleksi Museum Sunan Giri

Museum Sunan Giri Kabupaten Gresik diresmikan pada 17 Maret 2003 bersamaan dengan Hari Jadi Kota Gresik oleh Bupati Gresik Drs. K.H. Robbach Ma’sum, MM. Museum ini didirikan dengan dilatarbelakangi oleh besarnya tinggalan arkeologi dan sejarah yang ada di Kabupaten Gresik yang berada di alam maupun masyarakat, karena kala itu tidak ada pusat informasi dan edukasi tentang sejarah purbakala Kabupaten Gresik yang dapat memberikan informasi dan melindungi.

Data sejarah purbakala yang dimiliki Kabupaten Gresik. Hingga saat ini Museum Sunan Giri terus berbenah dan memperkaya koleksi yang baru berjumlah 50-an dari periode Klasik, perkembangan awal Agama Islam dan kolonial. Beberapa koleksi Museum Sunan Giri yang dipamerkan di 2 ruang pameran tetap yang dimilikinya, meliputi: Kaligrafi, Keris Kyai Kalamunyeng (Replika), Umpak, Bedug, Guci, Pelana Kuda,Piring Keramik, Kitab Khotbah Jumat, dll.

Source http://kekunaan.blogspot.co.id http://kekunaan.blogspot.co.id/2013/06/museum-sunan-giri.html
Comments
Loading...