Destinasi Wisata Sejarah Museum Benteng Heritage 

0 20

Museum Benteng Heritage 

Museum Benteng Heritage menjadi wisata sejarah bukti keberadaan etnis Tionghoa di Tangerang. Museum tersebut menempati sebuah bangunan tua di Jalan Cilame No.20, Pasar Lama, Kota Tangerang. Tempat berdirinya museum diperkirakan dibangun pada pertengahan abad ke-17 dan merupakan bangunan tertua di Kota Tangerang.

Dalam Museum Benteng Heritage tersimpan berbagai artefak. Koleksi tertua konon berasal dari masa pendaratan Laksamana Ceng Ho. Kedatangan utusan Kaisar Zhu Di dari Dinasti Ming itu selalu dikaitkan dengan asal-usul orang Cina di Nusantara. Berdasarkan kisah sejarah, sang panglima muslim itu datang bersama rombongan besar yang kemudian menetap di berbagai daerah Indonesia.

Koleksi Museum Benteng Heritage 

Selain artefak kuno, Museum Benteng Heritage juga memiliki galeri khusus kamera tua. Dalam galeri tersebut pengunjung bisa menjumpai berbagai macam kamera yang masih terawat. Koleksi yang masih berfungsi dengan baik itu dahulunya digunakan untuk menghasilkan gambar berkualitas tinggi. Selain kamera, ada pula koleksi pemutar musik mulai dari Edisson Phonograph buatan tahun 1890-an hingga yang berasal dari zaman retro.

Museum Benteng Haeritage menawarkan paket tour Heritage Walk selama 45 menit. Dengan mengikuti tur tersebut pengunjung dapat mengamati berbagai koleksi sekaligus mendengar sejarah museum dari guide berpengalaman. Peserta juga akan diperlihatkan arsitektur bangunan museum yang klasik dan indah. Keanggunan bangunan bahkan telah diakui secara internasional. Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya penghargaan Silver Winner dan Gold Winner dari FIABCI Prix d’exelence Heritage Award.

Harga Tiket Museum Benteng Heritage 

Museum Benteng Heritage dapat dikunjungi sepanjang pekan kecuali hari Senin. Harga tiketnya bervariasi yaitu Rp 50.000 untuk pengunjung umum domestik atau Rp 50.000 bagi turis mancanegara. Khusus mahasiswa dan pelajar, masing-masing dikenai tarif Rp Rp 15.000 dan Rp 10.000. Sedangkan bila ingin mengikuti Heritage Walk dikenai biaya tambahan Rp 50.000. Tur berlangsung antara pukul 13.00-18.00 dengan peserta 10-20 orang/tur.

Akses Menuju Museum Benteng Heritage 

Museum Benteng Heritage dapat dikunjungi dengan mudah menggunakan kendaraan pribadi. Dari Jakarta, ikuti Jakarta Inner Ring Road. Selanjutnya belok kiri setelah sampai persimpangan Jalan Daan Mogot. Ikuti jalan tersebut dan belok kiri ke Jalan Taman Makam Pahlawan Taruna dan belok kanan ke Jalan Windu Karya. Setelah sampai simpang lima, arahkan kendaraan Anda ke Jalan Ki Samaun. Di ujung jalan itu, belok kanan ke Jalan Cilame tempat museum berada.

Source http://jakarta.panduanwisata.id http://jakarta.panduanwisata.id/beyond-jakarta/tangerang/menelusuri-sejarah-cina-benteng-di-museum-benteng-heritage/
Comments
Loading...