Destinasi Wisata Sejarah Museum Bank Indonesia

0 10

Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia merupakan objek wisata bersejarah yang terdapat di kawasan Kota Tua, Jakarta Utara, tepatnya di bagian depan stasiun Jakarta Kota atau di samping Museum Bank Mandiri. Tempat wisata ini terbilang cukup unik dan tentunya memberikan berbagai macam pengetahuan mengenai sejarah dari Bank Indonesia.

Awal mulanya bangunan objek wisata Museum Bank Indonesia adalah sebuah rumah sakit umum yang bernama Binnen Hospitaal, hingga pada sekitar tahun 1828, bangunan tersebut di ubah fungsinya menjadi tempat penyimpanan uang atau Bank dengan nama De Javashe Bank. Selama satu abad berlangsung, tepatnya pada tahun 1953 setelah 9 tahun kemerdekaan rRI, bangunan DJB di tetapkan sebagai Bank Sentral Indonesia atau yang lebih dikenal sebagai Bank Indonesia.

Akses Menuju Museum Bank Indonesia

Untuk menuju ke MBI (Museum Bank Indonesia) anda dari Stasiun Bojonggede Bogor. Dengan membayar tiket commuter line Bojonggede – Kota sebesar Rp. 5000,- anda berangkat jam 10.00 tiba di Stasiun Kota jam 11.15. Karena dari stasiun Beos (kota) jarak wisata edukasi museum bank Indonesia tidak jauh maka anda bisa memutuskan jalan kaki agar lebih terasa pengalaman menjelajah kota tua.

Harga Tiket Museum Bank Indonesia

Tiket masuk objek wisata edukasi Museum Bank Indonesia saat ini sebesar Rp.5000 awalnya gedung museum merupakan rumah sakit Binnen Hospitaal, pada tahun 1828 kemudian digunakan untuk bank yaitu De Javashe Bank (DJB) yang sekarang dikenal sebagai Bank Indonesia (BI), museum BI terdiri dari dua lantai.

Keunikan Museum Bank Indonesia

Pengunjung yang datang disuguhkan diorama tentang sejarah bank sentral, dilorong museum ada gambar beberapa penjelajah yang singgah di Indonesia seperti Marcopolo, Laksamana Cheng Ho, Afonso d’Alburquerque, Cornelis de Houtman, terakhir Sir Henry Middleton. Dari luar gedung ini terlihat kokoh dan terawat selain itu area lokasi parkir cukup luas.

Museum BI diresmikan pada 15 Desember 2006 oleh gubernur BI, Burhanuddin Abdullah soft opening, dan grand opening 21 Juli 2009 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Selasa sampai Minggu merupakan hari buka museum dan untuk hari senin dan hari besar nasional tutup.

Jam Oprasional Museum Bank Indonesia

Objek wisata edukasi museum Indonesia buka 08.00-14.30 WIB pada hari Selasa sampai kamis dan 08.30-11.00 WIB untuk hari Jum’at. Namun bagi yang ingin mengunjugi mueseum ini dengan gratis alias tidak dipungut biaya sepeserpun silahkan datang pada hari Sabtu dan Minggu jam 09.00 – 16.00 WIB, tentunya selain berwisata mueseum ini merupakan sarana belajar mengenai pemahaman seputar fungsi dan tugas bank sentral.

Source http://emiscara.com http://emiscara.com/wisata-edukasi-museum-bank-indonesia/
Comments
Loading...