Destinasi Wisata Sejarah Gua Boralla, Madina

0 17

Gua Boralla

Goa Borallah merupakan salah satu destinasi wisata sejarah yang berada di Hutapungkut Julu, Kecamatan Kotanopan, Kabupaten Mandailing Natal. Untuk mencapai Goa Boralla ini kita harus melalui jalan setapak sekitar 2 Km dari desa Hutapungkut Julu, jalan mendaki ini biasa dipergunakan warga desa untuk menderes dan ke kebun.

Begitu masuk ke mulut goa, kita akan menjumpai ruangan yang besar. Selain itu, kita juga akan mendapati dua arah jalan yang satu ke sebelah kanan dan satunya lagi sebelah kiri. Penulis mencoba masuk ke arah jalan kanan, tapi begitu masuk beberapa meter yang terdengar adalah desiran air yang mengalir jauh di bawah gua tersebut. Arah jalan ini selain cukup licin, juga turunan sampai ke dasar goa. Penulis tidak berani melanjutkan perjalanan, sebab selain gelap gulita yang terdengar dari bawah hanya suara air yang mengalir.

Sedangkan kalau kita masuk ke arah jalan sebelah kiri, jalan yang dilalui cukup sulit. Untuk memasuki ruangan pertama, kita harus merunduk dengan posisi tiarap. Begitu masuk keruangan pertama, kita akan menemukan ukiran-ukiran yang sangat unik. Setelah itu, kita baru masuk keruangan kedua dengan melewati lubang yang sangat kecil dengan posisi tiarap. Sepintas karena kecilnya, lobang itu tidak bisa dilewati manusia, namun anehnya begitu dilewati segemuk apapun manusianya bisa lewat walaupun dengan poisisi tiarap dengan perut menyentuh dasar goa.

Hasil gambar untuk Gua Boralla, Madina

Di ruangan kedua inilah banyak terdapat ukiran di dinding goa. Sebelah kanan, ada semacam ukiran gordang sembilan yang konon menurut ceritanya ini adalah inspirasi munculnya gordang sembilan di wilayah Mandailing. Sedangkan di sebelah kanan terdapat ukiran seperti patung yang cukup besar. Patung ini tidak ubahnya seperti posisi berdiri bersanding antara laki-laki dan perempuan.

Source https://tabloidrakyatmadani.wordpress.com https://tabloidrakyatmadani.wordpress.com/misteri-dan-sejarah-goa-boralla-di-hutapungkut-kotanopan-madina/
Comments
Loading...